Selasa 27 April 2021

Hak Keuangan DPRD Jember Terkecil se Indonesia, Cuman 30 Miliar Lebih

Oleh Redaksi, PUBLIS

Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi di ruangannya, Doc: Fahmi for Publis.

PUBLIS.ID, JEMBER - Hak Keuangan DPRD Jember, berdasarkan dokumen Evaluasi Gubernur Terhadap RAPBD 2021 senilai Rp 30.981.753.847 atau 30 miliar rupiah lebih terbilang masih paling kecil se-Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi di ruangannya Selasa 27 April 2021. "Bila dibandingkan dengan Banyuwangi, Lumajang dan Bondowoso jauh," ujarnya.

Kata Itqon, juga masih kalah dengan Kabupaten Sampang. Padahal, APBD Kabupaten Jember terbesar nomer 3 (tiga) se-Jawa Timur. Artinya, kalau hanya dengan Bondodowoso maupun Situbondo bukan tandingannya.

"Namun saya sangat mengapresiasi teman-teman dewan 50 orang ini alhamdulillah kondusif. Maksud saya meskipun memang ada kecemburuan dengan daerah lain yang hak keuangannya lebih tinggi, alhamdulillah teman-masih kondusif dan tidak banyak mengeluh," jelasnya.

Dari 30 miliar lebih, tunjangan Komunikasi Intensif Pimpinan dan Anggota DPRD sebesar Rp. 8.190.000.000.00. Kata Itqon, tunjangan Komunikasi Intensif tersebut sudah sesaui dengan PP Nomer 18.

"Kerja kami itu tidak cuma di kantor karena kami ini bukan ASN dan juga PNS, kami ini Dewan Perwakilan Rakyat dipilih oleh rakyat, bukan orang yang kerjaannya stay di kantor, karena yang milih kita itu di pelosok pelosok desa dan dipilih ribuan orang," jelas Itqon.

Maka dari itu, sambung Itqon, otomatis DPRD harus menyapa mereka, menjalin komunikasi dan itu namanya komunikasi intensif, itu melekat. Makanya, negara ini memberi jaminan kepada anggota legislatif untuk bisa menjalin komunikasi dengan konstituen yang menjoblos.

"Itu berbeda dengan anggaran reses, kalau reses itu 3 kali dalam 1 tahun, istilah komunikasi intensif itu istilahnya Kementerian Keuangan, bahasa istilah dan ini adanya hanya di Dewan Perwakilan Rakyat dan DPD pokok yang dipilih langsung oleh rakyat," pungkas Itqon.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga