Minggu 29 Desember 2019

Gunung Anak Krakatau Status Waspada

Oleh Redaksi, PUBLIS

Gunung Anak Krakatau (yahoo.com)

PUBLIS.ID, Bandar Lampung - Status Gunung Anak Krakatau saat ini berada di Level II atau Waspada. Status gunung yang kini waspada membuat masyarakat tak boleh mendekati kawah.


“Telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung pada hari Minggu tanggal 29 Desember 2019 pukul 05:29 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 50 m di atas puncak (± 207 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi ± 1 menit 59 detik.”, tulis Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral di akun Instagramnya kabargeologi.



Getarannya tercatat sebanyak 30 kali dengan durasi enam sampai 15 detik. Aktivitas kegempaan juga terekam dengan amplitudo 0,5 hingga 6 milimeter (mm). Cuaca di lokasi terpantau berawan hingga mendung, angin lemah ke arah timur. Suhu udara sekitar 24,9-28,9 derajat Celsius, sementara kelembapan 49-52 persen.


Berdasarkan hasil visual cctv yang ada dikawah Gunung Anak Krakatau teramati letusan dengan tinggi 200 meter dari dasar kawah. Inilah yang menyebabkan status Gunung Anak Krakatau kini menjadi waspada.


"Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah," begitu tulis Badan Geologi Kementerian ESDM dalam situsnya. (AMR)


Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga