Rabu 07 Juli 2021

Dok! Tahapan Pilkades Ditunda

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bukasan memakai seragam dinas di sebelahnya Wabup Gus Firjaun, Doc: Istimewa

PUBLIS.ID, JEMBER - Tahapan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) ditunda untuk wilayah Jawa dan Bali setelah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 141/3170/BPD perihal penundaan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak dan pemilihan antar waktu se-Jawa dan Bali.

SE yang dikeluarkan pada tanggal 5 Juli 2021 itu ditujukan kepada seluruh bupati dan Wali Kota se-Jawa Bali. Menanggapi SE tersebut, Kasi Penataan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemasdes) Kabupaten Jember Bukasan mengatakan, masih menunggu Surat Edaran dari bupati namun hingga hari ini belum ada keputusan.

"Sebetulnya pelaksanaan tes tulis sesuai dengan SK bupati nomor 45 dilaksanakan tanggal 15 Juli namun karena ada Surat Edaran dari Mendagri sehingga ditunda untuk Jawa dan Bali. PPKM Darurat ini berlaku sampai tanggal 20 Juli, jadi otomatis ditunda setelahnya itu," ujar Bukasan saat dikonfirmasi via telephone, Rabu 7 Juli 2021.

Khawatir PPKM Darurat ini belum selesai hingga tanggal 20 Juli, lanjut Bukasan, maka penundaan hingga kapan waktunya belum ditentukan. Sebab tidak menutup kemungkinan, kata dia, negara melanjutkan PPKM Darurat ini.

Total keseluruhan, sambung Bukasan, sudah ada 86 peserta yang akan mengikuti ujian tes tulis, mereka semua dari 11 desa, "Dan hari ini terakhir tahapan verifikasi berkas Bakal Calon Kades. Selanjutnya, bila sudah keluar Surat Edaran akan disampaikan ke Camat, dari sana akan diteruskan ke Panitia Pilkades," jelasnya.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga