Kamis 09 September 2021

Dok! Raperda RPJMD Jember 2021-2026 Sah

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bupati Jember Hendy Siswanto dan Ketua DPRD Itqon Syauqi memperlihatkan hasil pengesahan Raperda RPJMD di gedung DPRD Jember usai Paripurna, Doc: Istimewa

PUBLIS.ID, JEMBER - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) akhirnya disahkan meski menuai banyak kritikan dari sekian fraksi di DPRD, terutama masalah tambang, Kamis 9 September 2021.

Sebagaimana yang disampaikan juru bicara PDI Perjuangan, Tabroni dalam Pandangan Umumnya mengatakan, "PDI Perjuangan menolak segala bentuk eksploitasi tambang,”

Tabroni menekankan, ke depan harus ada revisi Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Jember. Sebab, sudah sudah menetapkan beberapa kawasan sebagai wilayah tambang.

Saran agar ada revisi RTRW juga disampaikan juru bicara fraksi Gerakan Indonesia Berkarya (GIB), Dogol Mulyono mengatakan, adanya kawasan mengandung tambang berpotensi untuk di eksploitasi. Oleh sebab itu, pihaknya minta agar direvisi.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan terima kasih kepada semua komponen yang telah mendukung atas disahkannya Raperda RPJMD tahun 2021-2026. Baik perhatian secara langsung maupun untuk memaklumi dinamika dalam proses penyusunannya.

Hendy mengatakan, ada beberapa hal yang dibahas dalam kesepakatan ini. “Pertama, kepada masing-masing perangkat daerah, agar segera melanjutkan penyusunan Rencana Strategis Perangkat Daerah sesuai urusan dan kewenangan masing-masing dengan berpedoman kepada Rancangan Akhir RPJMD Kabupaten Jember 2021-2026,” jelasnya. 

Kedua, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jember diminta segera menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD ini kepada Gubernur Jawa Timur untuk dievaluasi. 

Ketiga, Bappeda bersama Tim Penyusun RPJMD dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Jember agar melakukan komunikasi secara bersama-sama ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan jadwal evaluasi dan segera melakukan perbaikan atau penyempurnaan terhadap hasil evaluasi gubernur tersebut. 

Hendy mengajak Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Jember serta masyarakat untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan pembangunan yang direncanakan bersama. “Kita laksanakan, kita kawal dan kita evaluasi bersama, demi memberikan yang terbaik bagi Jember,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPRD Jember Muhammad Itqon Syauqi mengatakan bahwa Paripurna dihadiri oleh 40 anggata dewan. "18 anggota mengikuti dengan vidio conference dan 22 anggota mengikuti secara langsung, jadi totalnya ada 40 anggota dari 50 anggota dewan," terangnya

Itqon menjelaskan, kesimpulan yang diperoleh seluruh Fraksi di DPRD menyetujui RPJMD 2021-2026 dibawah komando Bupati Jember Hendy Siswanto. "Pada prinsipnya, DPRD Jember menerima dan menyetujui Raperda RPJMD 2021-2026 menjadi  Peraturan Daerah," tandasnya.

Reporter: Imam
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga