Rabu 15 Mei 2024

Dana BOS Tidak Mencukupi, Ruang Kelas SDN 009 Hanya 5 Lokal

Oleh Redaksi, PUBLIS

SDN 009 Penjuru Kateman Inhil

PUBLIS.ID, INHIL - Cerita mirisnya dunia pendidikan tidak pernah ada habisnya, meski pemerintah sudah mengalokasikan 20% dari APBN untuk pendidikan, masih saja ada sekolah yang kekurangan ruang kelas.

Sebagaimana di SDN 009 Penjuru Kateman Inhil, ruang kelas hanya 5 lokal yang mestinya ada 6 lokal sampai kelas enam. "Untuk ruangan belajar mengajar cuma 5 lokal, tambah lagi gedung yang rusak parah sajak 2007, sampai sekarang tidak ada anggaran dana untuk perbaikan," ujar Bendahara SDN 009, Husni kepada media, Rabu 15 Mei 2024.

Husni mengaku menjadi bendahara sekolah sudah 4 tahun. Pihaknya juga sering mengusulkan ke Dispendik maupun saat Musrenbang terkait kebutuhan lokal, namun belum ada tanggapan. Terkait keluhan warga tidak adanya plang Dana BOS, karena kata dia dananya tidak cukup, jumlah siswa keseluruhannya hanya 62 anak.

Publis.id berusaha konfirmasi ke Kepala Sekolah terkait kondisi sekolah yang memprihatinkan. Namun, yang bersangkutan tidak ada. Dua warga sekitar sekolah, Irwansyah dan Aman Sidik mempertanyakan pengelolaan dana BOS SDN 009 yang tidak papan penjelasannya. Mestinya kata mereka dipajang, agar publik tau bila dana BOS di sekolah tersebut tidak mencukupi sehingga kondisi sekolah memprihatinkan.

Kepala Bidang Pembina SD Dinas Pendidikan Inhil, Fauzan Amrullah menjelaskan bahwa operasional sekolah itu sudah disediakan dari dana BOS. "Sebagai Kepala Sekolah harus benar benar bertanggung jawab atas penggunaannya," katanya.

Fauzan menyarankan supaya rincian dana BOS dipublikasikan menggunakan papan nama. Supaya publik tau kekurangan dan kebutuhan di sekolah tersebut,"Mengenai Kepala Sekolah tidak ada di tempat tugas, maka nanti akan kami panggil dia,"ungkap Fauzan. (Jamrani)

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga