Selasa 16 November 2021

Bupati Jember Tinjau Bendungan Duplang yang Sanggup Mengairi 222 Hektar Sawah

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bupati Jember saat meninjau Bendungan Duplang, Doc: Riswanto for Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Bupati Jember Hendy Siswanto, didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Kabupaten Jember Rahman Anda, meninjau pelaksanaan proyek Pembangunan Bendungan di Dusun Duplang, Desa Kamal Kecamatan Arjasa.

Bendungan yang sanggup mengairi sawah seluas 222 hektar ini telah selesai dengan menggunakan anggaran APBD Tahun 2021.“Ini bagian dari poyek kita tahun 2021 yang dilaksanakan oleh PT Sari Utama dan konsultannya adalah pilar konsultan," ujarnya kepada media saat meninjau bendungan, Selasa 16 November 2021.

Hendy menjelaskan bahwa bendungan ini hanya memiliki masa pemeliharàan selama enam bulan. Oleh sebab itu, pihaknya meminta masyarakat bersama-sama menjaganya agar terus bisa membantu petani supaya produktivitasnya terus meningkat.

“Mudah-mudahan Bendungan Doplang dengan kapasitas 222 hektare ini untuk mengaliri air ke sawah, semoga hasil pertanian mereka menjadi maksimal,” kata Hendy.

Agar kebutuhan air tetap tercukupi, Hendy menyarankan petani melakukan pola tanam yang tidak monoton. Harus ada edukasi kepada masyarakat setempat agar melakukan pola tanam yang dapat memaksimalkan ketersediaan air yang ada.

“Kebutuhan air ini sesuai dengan tanamannya, kalau petani terus-terusan tanam padi ya tidak cukup pada musim kemarau nanti, maka perlu ada pola tanam yang berbeda,” paparnya.

Kontributor: Riswanto
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga