Sabtu 19 Juni 2021

Bupati Jember, APKASI dan Upayanya Membangun Jember Lewat Kerjasama dengan Kepala Daerah Lain

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bupati Jember Hendy Siswanto memakai batik warna merah, Doc: Pemkab Jember for Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Bupati Jember Hendy Siswanto mendapat amanah untuk menjadi koordinator Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Amanah tersebut bersamaan dengan Pengukuhan Dewan Pengurus masa bhakti 2021-2026 dan Rakernas XIII APKASI Tahun 2021 yang digelar di Nusa Dua Convention Center, Hotel Nusa Dua Bali, Sabtu 19 Juni 2021.

Ditunjuknya Hendy sebagai Ketua APKASI ini sejalan dengan sepak terjangnya selama ini. Beberapa waktu lalu, Jum'at 11 Juni 2021, Hendy mengajak Wali Kota Mojokerto Hj. Eka Puspitasaru untuk saling bekerjasama.

Bupati Hendy Siswanto waktu itu menyampaikan harapannya agar para kepala daerah di seluruh Indonesia bisa menjalin sinergi dan kolaborasi.

Tidak berhenti di Mojokerto, kali ini ia bergerak ke ibu kota, mengajak Pemprov DKI bekerjasama dengan Kabupaten Jember. Akhirnya, Pemprov siap menyerap komuditas pertanian Jember.

Baru dua kali melangkah, orang nomor satu di Kabupaten Jember ini sudah ditunjuk menjadi koordinator APKASI. “Saya merasa sudah waktunya bagi seluruh kepala daerah, mulai dari bupati dan walikota untuk membangun daerah dengan konsep saling sinergi antar daerah," ujarnya, Sabtu 19 Juni 2021.

Kerjasama paling sederhana, kata dia, bisa dengan kerjasama promosi pariwisata atau kerjasama pembelian komoditas unggulan.  “Sesuai dengan semangat Bapak Presiden Joko Widodo, di masa pandemi ini yang paling prioritas untuk dilakukan adalah gotong royong," pungkasnya.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  XIII APKASI Tahun 2021 ini dihadiri Menko Perekonomian, Menko Kemaritiman dan Investasi, Menteri Parekraf, Menteri Keuangan dan Menteri Koperasi dan UKM serta Menteri Dalam Negeri sebagai narasumber.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga