Sabtu 12 September 2020

Bupati ini Disambut Tarian Pandhalungan Saat Temui Petani

Oleh Redaksi, PUBLIS

Bupati Faida saat ikut menari bersama lansia di pelataran Desa Sidorejo, Doc: Fahmi/Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Bupati Jember dr. Faida MMR, disambut dengan tari pandhalungan setibanya di Kantor Desa Sidorejo, Kecamatan Umbulsari. Kedatangan bupati perempuan pertama di Jember ini untuk menyerahkan Kartu Tani kepada 291 petani se-Desa Sidorejo, Sabtu 12 September 2020.

Tarian pandhalungan tersebut diperagakan kader Posyandu Lansia. Selain itu, Bupati Faida juga disambut dengan lambaian bendera merah putih. Bahkan, Kepala Desa Sidorejo Setya kristianingsih Elyna melakukan pengalungan bunga, bupati beserta Kepala Desa juga sempat menari Pandhalungan bersama para lansia.

Acara penyambutan kata kades yang akrab disapa Elyna dipersiapkam kurang lebih selama 7 hari." Kami mempersiapkan acara penyambutan ini selama 1 minggu, bersyukur berjalan lancar dan sukses." katanya, terkait dengan jumlah Petani yang mendapatkan kartu tani di Sesa Sidorejo, total kata Elyna sebanyak 291 petani.

"Pemilik Lahan pertanian yang ada di Desa Sidorejo bukan hanya warga Sidorejo namun juga warga desa Semboro, semoga kartu tani ini bermanfaat bagi petani khususnya petani Sidorejo." ujarnya

Sementara itu Bupati Faida mengapresiasi sambutan dari para Lansia dengan tari Pandhalungan, menurutnya hal ini sebagai bukti bahwa warga Desa Sidorejo cinta akan kebudayaan, "Bukan hanya itu, sebagai bukti juga bentuk balai desanya penuh karya seni selain itu di desa ini juga unik dengan berdirinya 2 Gereja dan di sini ada Gereja yang berdakwahnya dengan bahasa Madura." terang Bupati.

Bupati Faida menyampaikan, bahwa kehadirannya untuk membagikan Kartu Tani di wilayah Umbulsari, di Lima Desa. Untuk memastikan Kartu Tani sampai di tangan petani sekaligus mensosialisasikan manfaat Kartu Tani. "Saya terharu mereka berusaha keras menjalankan kegiatan dengan protokol covid, kolaborasi yang baik," puji bupati.

"Saya berharap masyarakat disiplin menggunakan masker menjaga jarak dan mencuci tangan supaya covid 19 di segera berakhir," harapnya. Ia juga menyebut petani anggota Gapoktan sangat antusias bahkan menginginkan sosialisasi lebih luas lagi di semua kalangan bukan hanya petani padi dan jeruk tapi ingin juga untuk pertanian perikanan dan peternakan karena di sini juga banyak peternak.

"Sementara kehadiran kantor cabang BNI bersama kami ini tugasnya mengawal dan mensosialisasi serta memberitahukan kepada para petani agar tidak galau dan resah karena juga ada program pupuk bersubsidi dari APBD Kabupaten Jember," jelasnya.

Kata Bupati Faida, penggunaan Kartu Tani atas rekomendasi dari KPK agar memastikan program-program bersubsidi termasuk pupuk bersubsidi benar-benar jatuh di tangan orang yang benar yaitu petani dan untuk yang belum punya kartu Tani untuk segera mengurus Kartu Tani. (Fahmi).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga