Selasa 25 Mei 2021

Bukan Pejabat, Empat Warga Jember Ditetapkan Tersangka Melanggar Prokes

Oleh Redaksi, PUBLIS

Polres Jember bersama TNI, Kejaksaan dan Satgas Covid19 Jember saat menggelar pers confrence di Halaman Mapolres Jember, Doc: Fahmi for Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Polres Jember tetapkan empat warga Jember sebagai tersangka setelah melanggar Protokol Kesehatan (Prokes), tiga diantaranya berkasnya sudah di Kejaksaan Negeri Jember.

Demikian disampaikan Kasatreskrim Polres Jember AKP. Komang Yogi Aryawiguna kepada sejumlah media di halaman Mapolres Jember, Selasa 25 Mei 2021.

Tiga tersangka dengan inisial JM, ME dan MFF kata Komang, semuanya beralamat Jember. Mereka mengumpulkan massa sekitar 500 orang saat melakukan aksi demo di depan Pemkab Jember pada 23 Desember 2020 lalu.

"Berdasarkan hasil penyidikan dan penyelidikan sudah P21 dari Kejaksaan sehingga nanti dari kami tahap dua yaitu menyerahkan tersangka dan barang bukti," jelas Komang.

Komang menjelaskan bahwa ketiga tersangka melakukan mobilisasi massa meski sebelumnya Polres Jember sudah melayangkan surat agar tidak melaksanakan kegiatan tersebut.

Tersangka keempat, sambung Komang, terjadi di Kecamatan Tanggul. Pihaknya sudah melakukan pendalaman, penyidikan serta penyelidikan dan menetapkan SF usia 39 tahun sebagai tersangka.

"Dengan modus operandi tersangka mengumpulkan massa dalam jumlah banyak dalam kegiatan keagamaan dan tersangka sebagai panitianya," pungkasnya.

Keempat tersangka ini dikenai Undang-Undang Kekarantiaan Kesehatan UU No 6 Tahun 2018 Pasal 21 Jo Ayat 29 dan UU Tentang Penyakit Menular No 4 Tahun 1994 dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara.

Empat kasus lainnya masih belum ada tersangka, Polres Jember kata Komang masih melakukan pendalaman. Salah satunya kegiatan keagamaan Khoul Habib Sholeh Kecamatan Tanggul pada hari Minggu 23 Mei 2021.

Kasatreskim Polres Jember yang baru ini juga menegaskan bahwa empat pelaku pelanggaran Prokes yang sudah ditetapkan tersangka, semuanya bukan dari kalangan pejabat, "Semuanya warga sipil, karena panitia," ucapnya.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar



Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga