Selasa 28 Juli 2020

Buat Sertifikat Program PTSL, Munculnya Nama Orang Lain

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat Imron buat laporan ke Mapolres Jember, Doc: Publis.id

PUBLIS.ID, JEMBER - Ahmad Imron Rosadi terpaksa lapor ke Polres Jember lantaran merasa ditipu Kepala Dusun (Kasun) Wirowongso, Desa Wirowongso, Ajung, Jember saat membuat sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Semula, ayah dari Imron, Holili diminta KK dan KTP oleh Idris, Kasun Wirowongso, untuk proses pembuatan sertifikat program PTSL. Proses buatnya lama, beberapa kali Imron tanya ke Idris tidak kunjung selesai.

Tanggal 11 Juli 2020 kemaren, Imron tanya ke Idris, katanya sudah selesai. Sebetulnya, sambung Imron, sertifikatnya terbit tahun 2018 tapi baru diberikan 11 Juli 2020 kemaren. Dan anehnya, di sertifikat atas nama Taufiq.

Guna membuktikan tanah tersebut milik Holili, bapak dari Imron. Dia mengajak Idris ke rumah saudara bapaknya. Di depan Idris, Imron menanyakan status tanah tersebut dan dijelaskan bahwa mendiang kakeknya Imron mewariskan tanah tersebut kepada Holili.

"Akhirnya Idris bingung kenapa bisa muncul nama Taufiq sebab sudah sama-sama tau bila tanah tersebut haknya Holili. Kemudian saya tanya ke Idris, sertifikat itu bagaimana dan kalau nebus saya harus bayar berapa sebab saya tidak punya uang," ujar Imron, Senin 27 Juli 2020.

Imron berencana meminta sertifikatnya, kemudian akan dia tawarkan ke Taufiq sebab Taufiq ada rencana membelinya. Akhirnya Idris memberikan sertifikatnya, setelah Imron berjanji akan memberikan fee bila sudah laku.

Imron mengaku beberapa kali melakukan mediasi agar diselesaikan secara kekeluargaan dan Taufiq bersikukuh tidak mengakui kalau mengajukan PTSL tapi di sertifikat hasil program PTSL itu tertera jelas nama Taufiq Hidayat.

Sebagai pewaris sah, Imron berharap tanah itu kembali sebagaimana amanah mendiang kakeknya yakni diwariskan kepada Holili. "Luas tanah sekitar 800 persegi di Dusun Wirowongso," ucap Imron. (*).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga