Sabtu 22 Agustus 2020

Bocah 11 Tahun, Rapper Penyebar Pesan Damai Asal Gaza

Oleh Redaksi, PUBLIS

Abdulrahman Al-Shanti, Bocah Rapper asal Gaza, Palestina. (Dok. Instagram @mca.rap).

PUBLIS.ID, Gaza – Bocah palestina berusia 11 tahun bernama Abdulrahman Al-Shanti viral dimedia sosial setelah videonya menyanyikan lagu rap tentang penderitaan warga Palestina, lagu itu dia nyanyikan didepan teman-teman sekolahnya. Bahkan lagu tersebut viral setelah disukai dan dikomentari oleh banyak artis tersohor dunia, salah satunya dibagikan oleh rapper terkenal asal Inggris, Lowkey.


Abdulrahman Al-Shanti menulis lirik lagunya sendiri dan menyusun ketukan rap melalui aplikasi yang ada di ponselnya. Melalui rap, dia berusaha untuk menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh blokade Israel di Gaza yang telah diberlakukan di wilayah itu sejak tahun 2007. 

“Saya lahir di Kota Gaza, dan hal pertama yang saya dengar adalah suara tembakan. Dalam napas pertama saya, saya mencicipi bubuk mesiu,” ujar Al-Shanti dalam penggalan lirik lagunya.


Walaupun bahasa Arab adalah bahasa ibu atau bahasa sehari-hari Abdulrahman Al-Shanti, tetapi dia membuat lagu rap dalam bahasa Inggris yang fasih. Itu adalah sebuah keterampilan yang katanya diasah dengan mendengarkan lagu-lagu rapper Amerika termasuk Tupac, Eminem, dan DJ Khaled.

“Saya ingin menjadi seperti Eminem bukan meniru gayanya, saya punya gaya sendiri. Tapi dia adalah rapper favorit saya,” kata Abdulrahman Al-Shanti dalam suatu wawancara dengan media asal Palestina.

“Saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa hidup kami sulit. Kami mendapati jalanan rusak dan bom di halaman kami, “demikian lirik lagunya”.


Dalam salah satu lagunya yang lain, “Peace”, Al-Shanti mengingatkan pada momen perang Israel di Gaza pada 2008-2009, yang diberi judul “Operation Cast Lead”. Anda dapat mengunjungi Instagramnya dengan nama @mca.rap(AMR).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga