Rabu 01 Desember 2021

Bencana Tidak Bisa Diprediksi, Tenang! BPBD Jember Bisa Cairkan Anggaran Bila Situasi Darurat

Oleh Redaksi, PUBLIS

Kepala BPBD Jember Sigit Akbari, Doc: Istimewa

PUBLIS.ID, JEMBER - Bencana alam yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya dan Jember masuk kategori daerah rawan bencana, sehingga Anggaran Kebencanaan dibuat lebih fleksibel dan tidak direncanakan

Anggaran di BPBD tersebut hanya bisa dicairkan dalam situasi darurat, ketika wilayah Kabupaten Jember dinyatakan terjadi atau siaga satu bencana.

"Jadi, anggaran untuk kebencanaan yang dimiliki BPBD Satu tahun, tersebut tidak kita cairkan, soalnya bencana terjadi tidak menentu. Ini uniknya di BPBD," ujar Kepala BPBD Sigit Akbari di ruang kerjanya, Rabu 1 Desember 2021.

Menurutnya, anggaran tersebut bisa di cairkan jika terjadi musibah yang besar, sehingga membuat anggaran milik  BPBD tidak cukup. Oleh karena itu diperlukan langkah dari Kepala Daerah untuk mengeluarkan surat kedaruratan bencana.

“Jadi harus ada pernyataan seperti itu, dari sinilah kita bisa berkoordinasi dengan keuangan maupun Inspektorat, untuk bagaimana upaya memberantas bencana ini dengan anggaran lainnya.” Jelas Sigit.

Reporter: Imam
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga