Rabu 07 Juli 2021

Bacakades ini Justru Bersyukur Tahapan Pilkades Ditunda

Oleh Redaksi, PUBLIS

Muhammad Subur Doc: Diambil dari akun medsosnya

PUBLIS.ID, JEMBER - Bakal Calon Kepala Desa Gumukmas Muhammad Subur bersyukur tahapan Pilihan Kepala Desa (Pilkades) ditunda. Meski sudah banyak mengeluarkan Cost Politik, Subur kepada Publis mengaku dengan ditundanya tahapan, dirinya memiliki waktu lebih panjang untuk turun ke masyarakat.

"Apalagi saya termasuk calon yang muncul di menit-menit terakhir, ini akan mengubah peta politik dan saya memiliki tambahan waktu," ujarnya via telephone, Rabu 7 Juli 2021.

Subur menerima dengan lapang dada penundaan tahapan Pilkades ini, menurutnya ini untuk kebaikan bersama mengingat pasien positif Covid mengalami peningkatan yang signifikan. "Saya siap dan menerima dengan lapang dada segala kebijakan yang diambil pemerintah, toh untuk kebaikan kita bersama," katanya.

Sebelumnya Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 141/3170/BPD perihal penundaan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak dan pemilihan antar waktu se-Jawa dan Bali.

SE yang dikeluarkan pada tanggal 5 Juli 2021 itu ditujukan kepada seluruh bupati dan Wali Kota se-Jawa Bali. Menanggapi SE tersebut, Kasi Penataan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemasdes) Kabupaten Jember Bukasan mengatakan, masih menunggu Surat Edaran dari bupati namun hingga hari ini belum ada keputusan.

"Sebetulnya pelaksanaan tes tulis sesuai dengan SK bupati nomor 45 dilaksanakan tanggal 15 Juli namun karena ada Surat Edaran dari Mendagri sehingga ditunda untuk Jawa dan Bali. PPKM Darurat ini berlaku sampai tanggal 20 Juli, jadi otomatis ditunda setelahnya itu," ujar Bukasan saat dikonfirmasi via telephone, Rabu 7 Juli 2021.

Khawatir PPKM Darurat ini belum selesai hingga tanggal 20 Juli, lanjut Bukasan, maka penundaan hingga kapan waktunya belum ditentukan. Sebab tidak menutup kemungkinan, kata dia, negara melanjutkan PPKM Darurat ini.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga