Rabu 28 April 2021

Alumni dan Simpatisan Pesantren di Situbondo Laporkan Penipuan Menggunakan Medsos

Oleh Redaksi, PUBLIS

Perwakilan PPNH saat menindaklanjuti laporannya ke Polres Situbondo, Doc: Rozy for Publis

PUBLIS.ID, SITUBONDO - Alumni dan Simpatisan melaporkan oknum yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan Pondok Pesantren Nurul Huda (PPNH) Peleyan, Kapongan Situbondo untuk menipu dengan modus pinjaman tanpa agunan dan riba.

Pelaku membuat website dari layanan gratis blogger, seolah-olah website tersebut milik PPNH lengkap dengan detail alamatnya serta foto pondok pesantren.

Usai mengetahui dugaan penipuan tersebut, salah satu pengurus Yayasan PPNH bersama sejumlah pengurus telah melaporkan kasus ini ke Polres Situbondo pada hari Minggu 04 April 2021 lalu.

"Kami sudah melaporkan oknum yang diduga melakukan penipuan dengan mengatasnamakan PPNH, langkah yang kami lakukan selain mendapatkan petunjuk dan restu dari pengasuh PPNH juga berdasarkan sejumlah data dan bukti screenshot salahsatu Blog maupun akun yang diperoleh dari google dan Medsos," ujar Jailani kepada Publis, Rabu 28 April 2021.

Ketua Ikatan Alumni PPNH, Badri merasa geram atas perilaku oknum yang diduga memanfaatkan nama besar Pondok Pesantrennya. "Kami bersama pengurus dan alumni akan terus mengawal dugaan kasus ini kepada Aparat penegak hukum (APH)," kata Badri

Apabila dibiarkan, sambung Badri, selain mencemarkan nama baik PPNH juga berpotensi akan banyak korban penipuan. "Seperti hari ini ada orang wilayah Kendit yang telah melapor dan hampir menjadi korban," Pungkas Badri

Lebih lanjut Badri menambahkan Sebagai upaya tindak lanjut laporan yang sudah masuk di kepolisian, Badri mengaku sejumlah perwakilan Alumni dan Simpatisan PPNH menemui Kasatreskrim Polres Situbondo dan hasilnya, dugaan kasus tersebut dapat masuk pelanggaran UU ITE dan rencana akan segera melakukan penyelidikan.

Perwakil yang mendatangi Polres Situbondo untuk mempertanyakan kejelasan laporan diantaranya Badri (Perwakilan Alumni), Adi Susianto (Perwakilan PPNH), Fathor Zainullah Rohim (Perwakilan Ikatan Alumni STAINH) dan Dwi Dasa Suryantoro, SH, MH Dosen STAINH sekaligus pengacara kondang di Situbondo.

Reporter: Rozy
Publiser: Robith Fahmi

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga