Rabu 28 Oktober 2020

Aktivitas Tambak Udang UD Sumber Lancar Diduga Merusak Bibir Pantai Situbondo

Oleh Redaksi, PUBLIS

Ekskavator yang sedang melakukan aktivitasnya di bibir pantai, Doc: Purwanto/Publis

PUBLIS.ID, SITUBONDO - Aktivitas Tambang Udang UD Sumber Lancar di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan mendapat perhatian LSM Perkasa, setelah mereka mendapat aduan warga dan rekaman vidio pengerukan pasir di bibir pantai menggunakan alat berat bego ekskavator, Rabu 28 Oktober 2020.

Ketua LSM Perkasa, M. Sadik pun langsung melaporkannya ke Polres Situbondo, kata dia, jajaran Polres Situbondo mulai Kasat Reskrim AKP Agus Widodo, Kasat Intelkam AKP Agus Sutanto, Kapolsek Kapongan AKP APT Pramana dan Kepala Desa Landangan Kamilul Ma'arif langsung meninjau lokasi.

Sadik mengapresiasi Polres Situbondo yang telah bertindak cepat setelah mendapat aduan warganya. Ia berharap, pengurasakan bibir pantai ini diusut tuntas sesuai data berupa vidio yang sudah dirinya serahkan kepada pihak Polres Situbondo.

Pekerja di Tambang Udang UD Sumber Lancar, Sugik kepada Publis.id mengklaim aktivitas pengurukan yang dilakukan UD Sumber Lancar sudah mendapat ijin dari Kepala Desa, Kecamatan dan Kepolisian.

Tidak hanya itu, pemilik tambak UD Sumber Lancar, Anwar Mukmin Sanusi mengaku bila tanah yang di uruknya merupakan tanah miliknya dan sudah bersertifikat. "Memang dulunya Tanah Negara dan terkait pengerukan di bibir pantai itu sebenarnya tidak benar, itu saya bikin saluran pipa pembuangan ke tengah laut," dalih Anwar.

Kepala Desa Landangan, Kamilul Maarif mengatakan, tanah yang dikelola tambak UD Sumber Lancar memang milik Anwar Mukmin Sanusi yang sebelumnya merupakan tanah negara, setelah dimohon menjadi hak milik seluas 9.765 hektar.

"Diduga tanah yang dikelola oleh tambak. Sekarang melebihi dari ukuran tanah tersebut. Maka dari itu untuk lebih jelasnya kami akan melakukan pengukuran ulang," ungkap arif. (Pur)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga