Kamis 27 Mei 2021

Agar Tidak Terjadi Lagi Perselisihan Antar Perguruan Silat, Pemkab Jember Akan Adakan Turnamen

Oleh Redaksi, PUBLIS

Forkompimda bersama perguruan silat berdiskusi mencari solusi di ruang Banmus DPRD Jember, Doc: Nawawi for Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Perselisihan antar perguruan silat di Kabupaten Jember sering terjadi beberapa bulan terakhir, mulai pengeroyokan pesilat Pagar Nusa di Bangsalsari dan Kecamatan Puger, hingga pengerusakan tugu Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI).

Agar perselihan tidak terulang kembali, Pemkab Jember akan mengadakan turnamen antar perguruan ke depan. Demikian disampaikan Wabup MB Firjaun Barlaman di kantor DPRD Jember, Kamis 27 Mei 2021.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember hadirkan para perwakilan pesilat. Mereka, berdiskusi di Ruang Banmus, dihadiri Kapolres Jember, pimpinan DPRD, Wakil Ketua DPRD, Sekwan DPRD, Ketua PSHT Jono Wasinuddin dan Ketua Pagar Nusa (PN) Fathorrosi.

Ke depan, Wabup ingin semua perguruan Pencak Silat diwadahi dengan benar agar perselisihan antar pendekar tidak terulang lagi dan harapannya muncul Pesilat yang baik di Jawa timur. "Kepada seluruh yang hadir dalam acara ini berfikir yang baik, untuk mencari solusi yang baik sehingga tidak ada perselisihan yang terjadi kembali,” terangnya.

Wabup berjanji, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan merangkul seluruh Perguruan silat yang ada di  kabupaten Jember. Salah satunya, dengan mengadakan pertandingan, seperti dengan event Turnamen. “Kita akan memberikan Id card masing-masing anggota Pencak Silat dan Plakat harus dipasang pada tempat di mana mereka berlatih.” imbuhnya

Sementara Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi memohon agar seluruh Masyarakat Jember yang rukun, bersama-sama mencari solusi yang baik untuk membangun Jember ke depannya.

Wakil ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jember Agus Supaat meminta semua Perguruan silat bisa bertanggung jawab atas keamanan masyarakat ke depan. “Saya berharap lembaga Pencak Silat harus bertanggung jawab untuk membangun kepercayaan masyarakat sehingga tidak ada pengrusakan terhadap anggota Pencak Silat lainnya.” tandasnya.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga