Sabtu 30 Juli 2022

Afifah Rizki Fauziah, Peraih Nilai Tertinggi UKM Program Profesi Dokter Gigi se-Indonesia

Oleh Redaksi, PUBLIS

Afifah Rizki Fauziah Dokter Gigi Unej Peraih Nilai Tertinggi UKMP2DG Se-Indonesia DOK: Foto FKG Unej

PUBLIS.ID, JEMBER - Gadis asal Bondowoso meraih prestasi membanggakan, Afifah Rizki Fauziah Mahasiswi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember (Unej) ini berhasil meraih nilah 97,5 pada Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) Periode II tahun 2022.


Prestasi tersebut mengantarkannya mendapatkan predikat peserta dengan nilai tertinggi se-Indonesia.


Fauziah – nama panggilan sehari-hari Afifah Rizki Fauziah, meraih nilai 97,5 dalam UKMP2DG Periode II 2022 yang berhasil mengungguli ribuan mahasiswa FKG dari perguruan tinggi lainnya se-Indonesia. Termasuk teman sefakultasnya Hasna Fakhriyah Jinan dan Rismawati Kalasworojati yang meraih peringkat tertinggi kedua.


Untuk diketahui, Dikutip dari laman resmi Unej UKMP2DG adalah Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Kedokteran Gigi yang dlaksanakan oleh Kemristek DIKTI empat kali dalam setahun. 


Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi adalah sebagai syarat untuk lulus dan dikukuhkan sebagai Dokter Gigi.


“Jadi sebelum dinyatakan sebagai Dokter Gigi maka kami harus memenuhi berbagai persyaratan ketika menjalani koas, setelah semua persyaratan di koas selesai maka baru boleh mendaftarkan Uji Kompetensi. Ada dua ujiannya, Ujian CBT (Computer Based Test) dan ujian praktek (Objective Structured Clinical Examination)” drg. Afifah menjelaskan.


“Alhamdulilah untuk CBT nya saya mendapatkan peringkat satu se-Indonesia” tambahnya.


drg. Afifah Rizki Fauziah menceritakan kesulitan yang dihadapi pada saat UKMP2DG adalah banyaknya materi yang harus dihafalkan, karena materi yang diujikan adalah materi mulai semester awal kuliah samapai dengan semester akhir.


“Materi Kedokteran gigi ini kan hafalan, maksudnya bukan yang hitung menghitung, banyak tulisan yang harus kami hafalkan sehingga perlu banyak latihan soal” ujarnya.


Ketika ditanya kiat apa saja yang dilakukan supaya mendapatkan nilai yang tinggi Putri Bpk Mustangin dan Ibu Susmiati ini dengan spontan menjawab doa dan usaha.


“Selain mohon doa restu orang tua, Sholat 5 waktu jangan sampai lupa ditambah ibadah sunahnya, seperti puasa sunah dan sholat malam,” ungkapnya pula.


drg. Afifah juga mengingat didikan kedua orang tuanya yang keduanya berlatar belakang pendidik, bahwa sejak kecil ia diajarkan untuk fokus belajar serta mendahulukan hal-hal yang berfaedah dan mengurangi hal-hal yang dirasa tidak perlu. Pola belajar yang diterapkan dokter gigi ini adalah konsisten.


“Kalau dari saya pribadi itu lebih baik belajarnya stabil, tidak perlu yang sampai larut. Untuk mendapatkan yang terbaik maka harus diatur belajarnya cukup dan istirahatnya juga cukup, kalau menurut saya belajar sampai larut dan besoknya belajarnya hanya sedikit waktu maka hasilnya kurang maksimal,” pungkas drg. Afifah yang mengaku gemar nonton drama Korea.


Reporter: Robith

Publisher: Ammar

Redaksi

Publis.id berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga