Rabu 09 Juni 2021

Advokad dari LBH PAHAM Minta Polres Jember Segera Usut Kasus Pengerusakan Sumur

Oleh Redaksi, PUBLIS

Sumur milik Luis Ria Agustiningsih yang dirusak, Doc: Fahmi for Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Ihya Ulumidin Advokad dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PAHAM) meminta Polres Jember agar segera mengusut kasus pengerusakan sumur milik Luis Ria Agustiningsih di Kecamatan Patrang, Jember.

Udik sapaan akrabnya, berkirim surat permohonan ke Polres Jember aga kasus kliennya segera diusut tuntas. Pihaknya juga mengaku bahwa memiliki bukti baru terkait kasus yang sudah yang dilaporkan tahun 2020 silam ini.

Pelaku pengerusakan diduga adalah Kasman, tetangga Luis Ria. Hal tersebut Udik sampaikan usai menghadap Kanit Pidum Polres Jember Ipda Bagus, “Kami menyampaikan surat permohonan kepada Kapolres perihal perkembangan kasus pengrusakan yang dialami klien kami oleh tetangganya sendiri agar segera diusut sampai tuntas,” ujarnya.

Udik menjelaskan, akibat pengerusakan sumur tersebut, Luis tidak bisa melakukan aktifitas mandi cuci dan aktifitas keseharian sebagaimana mestinya sebelum sumur dirusak.

 “Praktis setelah pengrusakan sumur tersebut klien kami dan keluarganya tidak bisa mandi, mencuci dan sebagainya. Kurang lebih delapan bulan hingga saat ini dan sangat-sangat dirugikan akibat pengrusakan tersebut,” jelasnya.
 
Masih Udik, penanganan kasus tersebut sebenarnya masih berjalan namun penyidik yang menangani berganti karena mutasi. Hal tersebut, kata dia, disampaikan oleh Kanit Pidum Satreskrim Polres Jember Ipda Bagus.

“Tadi juga sudah menemui Kanit Pidum dan disampaikan pula penyidik lama dirolling di pos yang baru dan untuk penggantinya serta penanganan kasus pengrusakan sumur tersebut secepatnya akan dikabari kepada kami,” ucapnya.

Udik berharap dengan adanya bukti baru pihak penyidik serius menangani dan secepatnya kliennya mendapatkan keadilan sebab sudah terlalu lama.

Udik menyampaikan, bahwa kliennya memiliki Akta Hibah no 014/II/Ptr/1999 yang dikeluarkan PPATS Kecamatan Patrang yang juga ditandatangani oleh Romlah (Budhe) yang juga mertua dari Kasman.

“Termasuk kami lampirkan pula nomor pengaduan LM/525/XI/2020/POLRES JEMBER/RESKRIM, foto-foto saat pengrusakan terjadi termasuk didalamnya ada anak dibawah umur, foto batas dan jika diperlukan akan kami tambahkan video pengrusakannya,” beber Udik.

 Besar harapan disampaikan alumnus FH Unej ini agar pihak kepolisian segera menuntaskan kasus yang dialami kliennya yang sangat mengganggu lahir batin dan sangat dirugikan serta berharap adanya keadilan hukum bagi kliennya.

Reporter: Robith Fahmi
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga