Jumat 23 Juli 2021

ACT Jember Distribusikan 17 Ekor Sapi Qurban untuk Empat Kabupaten

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat penyembelihan sapi qurban dari ACT, Doc: ACT Jember for Publis

PUBLIS.ID, JEMBER - Idul Adha memberikan kesempatan bagi ummat muslim untuk berbagi daging dengan cara berqurban, sebagaimana yang dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jember dan Global Qurban yang mendistribusikan 17 ekor sapi untuk empat kabupaten.

Jember, Bondowoso, Banyuwangi dan Situbondo, "Kegiatan distribusi daging qurban ini merupakan bagian dari program nasional yaitu distribusi 1.000 sapi qurban untuk masyarakat terdampak pandemi di Jawa – Bali," ujar Staff Program Renanda Saputra, pada hari Kamis 22 Juli 2021.

Renanda menjelaskan, pada Idul Adha kali ini,  ACT Jember – Global Qurban berkolaborasi dengan MUI di masing – masing kabupaten atau kota untuk memperluas jangkauan distribusi. Daging kurban yang didistribusikan menyasar santri di pondok pesantren, masyarakat di lingkungan pondok pesantren, keluarga pra sejahtera dan masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM darurat.
"Program ini diluncurkan untuk mendukung dan membantu pemerintah untuk memberikan jaminan ketersediaan pangan bagi masyarakat. Disaat Idul Adha terkadang distribusi daging tidak merata dan hanya terpusat di lokasi – lokasi tertentu, program yang dilakukan Global Qurban-ACT ini menjadi solusi untuk meratakan distribusi daging qurban hingga pelosok desa," pungkasnya.

Pondok pesantren yang menjadi lokasi penyembelihan hewan qurban di Bondowoso, sambung Renanda, adalah Pondok Pesantren Al-Islah asuhan KH. Toha Maksum. Kata Renanda, KH. Toha Maksum menyampaikan bahwa Kolaborasi Global Qurban-ACT dengan MUI Bondowoso merupakan kolaborasi yang sangat baik dan dapat ditingkatkan untuk kebermanfaatan yang lebih luas.

"Selain melalui pondok pesantren, distribusi juga dilakukan secara langsung bersama para relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di masing – masing kabupaten atau kota. Di Jember distribusi dilakukan di kecamatan Puger, sedangkan di Banyuwangi lokasi pendistribusian dilakukan di dua daerah yaitu kecamatan siliragung dan kecamatan pesanggaran. Untuk wilayah Bondowoso lokasi pendistribusian dilakukan di dusun Cato, desa Kemuningan, Kecamatan Taman Krocok. Sedangkan di Situbondo, lokasi distribusi di dusun klekehan," ungkap Renanda.

Koordinator MRI Bondowoso Ahmad Nur Husen mengatakan, pemilihan Dusun Cato sebagai lokasi pendistribusian telah melalui proses tahapan penilaian baik dari segi sosial dan ekonomi masyarakat serta pengalaman qurban yang ada di dusun tersebut.

"Semoga dengan daging qurban yang akan didistribusikan di Dusun Cato dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat setempat dan tentunya memberikan kebahagiaan di momentum Idul Adha 1442 H ini", ungkapnya.

Dusun Cato merupakan salah satu dusun terpencil di Kabupaten Bondowos. Daerah tersebut memiliki akses yang begitu sulit, sehingga menyebabkan daging qurban jarang didistribusikan hingga ke daerah tersebut.

Kepala Cabang ACT Jember, Zaky Noerahman mengatakan, dibandingkan tahun lalu, Global Qurban – ACT kali ini semakin meluaskan jangkauan wilayah untuk mendistribusikan daging qurban. Tahun lalu, distribusi dilakukan di dua kabupaten saja yaitu Jember dan Bondowoso. Sedangkan tahun ini bertambah dua kabupaten yaitu Banyuwangi dan Situbondo. Selain itu jumlah hewan qurban yang didistribusikan juga mengalami peningkatan.

”Tahun ini Global Qurban – ACT memperoleh amanah yang begitu besar dari pengqurban dan mengalami peningkatan dari tahun lalu, baik dari jangkauan wilayah hingga penerima manfaat yang lebih bervariasi. Ini menandakan bahwa masyarakat semakin percaya menyalurkan qurban melalui Global Qurban-ACT," jelasnya.

Menurut Zaky, peningkatan jumlah hewan qurban dan jangkauan pendistribusian juga merupakan respon ACT untuk turut serta memastikan masyarakat bisa memperoleh asupan daging qurban secara merata.

Salah satu penerima daging Qurban, warga Dusun Cato, Khotima bersyukur tahun bisa mendapatkan daging qurban, "Alhamdullillah tahun ini kami dapat daging qurban, karena di sini jarang masyarakat yang mampu berqurban dan jarang memberikan daging qurban di sini," tandasnya

Sumber: Kasang ACT Jember
Publiser: Ammar

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga