Kamis 14 Januari 2021

ACT Bantu Bersihkan Lumpur di Rumah Warga Akibat Banjir

Oleh Redaksi, PUBLIS

ACT membersihkan lumpur di rumah warga, Doc: Fahmi/Publis.

PUBLIS.ID, JEMBER - Aksi Cepat Tanggap (ACT) turut membantu bersihkan lumpur yang menumpuk di rumah warga akibat banjir di Kecamatan Bangsalsari Selasa 12 Januari lalu, total 68 Kepala Keluarga dan 150 santri Ponpes Ar-Rosyid yang terdampak.

Informasi dari Pusdalops BPBD Jember, Banjir secara mendadak terjadi sekitar pukul 09.00 pagi dan berakhir pukul 02.00 siang akibat meluapnya sungai, “Ketinggian banjir yang melanda berkisar 40 sentimeter “ Ujar Gus Imam, pengasuh Ponpes Ar-Rosyid.

Mulai tanggal 13 Januari kemarin, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jember, Relawan MRI kota Jember, beserta warga dari berbagai kalangan bergotong-royong membersihkan material-material seperti lumpur dan kayu yang masih menumpuk di rumah warga dan di sekitar Pondok Pesantren Ar-Rosyid.

“Terjadinya banjir ini juga membuat banyak sekali barang-barang seperti peralatan rumah tangga dan barang elektronik serta beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” ujar Dani Ardisa, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jember.

Kata Dani, hingga saat ini, kondisi curah hujan dengan intensitas tinggi masih melanda beberapa daerah di Kabupaten Jember. Tingginya curah hujan seperti ini, memungkinkan terjadinya banjir susulan.

"Oleh sebab itu Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jember dan MRI Jember akan tetap siaga menghadapai adanya banjir susulan nantinya jika terjadi. Sebagian para santri juga telah mengungsi ke beberapa rumah warga dan ke Pondok Pesantren bagian sebelah selatan yang lebih aman," jelasnya.

Dani menjelaskan, bila bantuan paket pangan untuk warga serta tambahan pakaian layak pakai untuk para santri juga telah disalurkan hingga sekarang. "Mari bersama-sama bantu saudara-saudara kita yang terdampak banjir dan masih membutuhkan berbagai bantuan," ajaknya.

Dani menyebut korban terdampak masih membutuhkan bantuan berupa paket pangan, air bersih, pakaian layak pakai, obat-obatan, selimut, alat tulis, Al- Quran, dan sembako. "Bantuan dapat disalurkan melalui rekening BNI Syariah di nomor 66 00000 970 atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap.” Ucapnya. (Fahmi).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga