Jumat 26 Juni 2020

150 Napi di Lapas Tobelo Dapat Bantuan Sembako, Ini Penjelasan Kalapas Tobelo

Oleh Redaksi, PUBLIS

PUBLIS.ID, HALUT - Sebanyak 150 Narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tobelo, baru-baru ini dapat bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten Halut, Jumat 26 Juni 2020.

"Ya benar, Jum'at kemarin (19/06), kami dapat 150 paket sembako dari Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Utara (Halut) untuk para Napi." ujar Rizal Efendi, Kepala Lapas kelas II B Tobelo.

Kata Efendi, dengan adanya pandemi Covid 19 ini, sangat terasa dampak ekonomi di semua lapisan masyarakat, termasuk para Napi. Kaitan dengan itu, maka dirinya melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini BPBD Halut, agar sedianya para napi yang ada di Lapas juga dapat bantuan sembako.

"Ya saya coba koordinasi dengan kepala BPBD Halut, puji syukur ternyata ini direspon baik oleh pak Abner, dan akhirnya untuk Napi di Lapas Tobelo oleh BPBD Halut, kita dapat 150 paket sembako," Tuturnya

Setiap tahanan, kata Efendi, masing-masing dapat 1 paket sembako berisikan 5 kg beras, 1/2 dos Supermie, 2 kg gula pasir, 2 kaleng susu kental, 1 dos daun teh, dan 2 kg minyak kelapa. Namun dalam pembagian bantuan dilakukan bertahap.

"Hal ini untuk menghindari, agar bantuan yang di terima benar-benar untuk dipergunakan bukan untuk dibawa keluar lapas untuk di jual. Dengan demikian dalam pembagian awal, para Napi baru di berikan beberapa item sembako seperti minyak kelapa, supermie, susu, gula dan daun teh," ucapnya.

Sementara untuk beras, rencananya baru akan diberikan dalam waktu dekat ini. "Ya untuk pembagian bantuan kita berikan bertahap selain untuk mudah dikontrol, juga agar bantuan ini dipergunakan sebaik-baiknya oleh para napi. Makanya beras kita berikan belakangan, hal ini untuk menghindari jangan sampai ada yang bawa keluar lapas untuk lakukan penjualan," jelasnya. (Arther).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga