Selasa 17 April 2018

Tidak Memiliki Dokumen, Imigrasi Amankan WNA Asal Rohingya

Oleh Redaksi, PUBLIS

Ahmad Holil memakai rompi arange sedang diperiksa petugas Imigrasi Jember / Doc Minto Setiowahono

PUBLIS.ID, JEMBER - Kantor Imigrasi Kelas 2 Jember, mengamankan Ahmad Holil Ahmad seorang warga negara asing (Rohingya). Pria berusia 36 tahun ini diamankan oleh petugas Imigrasi setempat karena tidak memiliki dokumen perjalanan dan ijin tinggal yang sah yang masih berlaku, Kamis (12/4/2028) siang.

"Awalnya kami mendapat informasi dari tim kita yang ada di Banyuwangi tepatnya di Desa Kalipuro terdapat orang asing yang diduga ilegal, "kata Kepala Imigrasi kelas 2 Jember, Kartana saat dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan di tempat kerjanya, Selasa (18/4/2018) siang.

Lalu kemudian Ia mengirimkan anggotanya untuk mengecek kebenaran informasi  tersebut di lapangan dengan meminta dokumen yang dia (warga asing) miliki. Ternyata dokumen yang dimiliki oleh warga asing tersebut ialah kartu pengungsi (kartu UNHCR) yang dikeluarkan oleh Negara Malaysia.

"Karena tidak memiliki dokumen perjalanan dan ijin tinggal yang sah dan masih berlaku  maka yang bersangkutan kita bawa dan diamankan di kantor imigrasi kelas 2 jember ini,"terangnya.

Lebih lanjut Kartana menjelaskan, warga asing yang dirinya amankan ini mengaku masuk ke Negara Indonesia lewat Dumai menggunakan jalur laut naik kapal very bersama istri dan anaknya. Karena istri yang bersangkutan ini adalah warga negara Indonesia yaitu Banyuwangi. Sedangkan dia (warga asing) masuk atau tinggal di Banyuwangi (rumah istrinya) pada 28 Desember 2017. Sebelumnya Dia tinggal bersama anak dan istrinya di Malaysia.

"Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan UNHCR Jakarta terkait seorang warga Rohingya yang telah kita amankan ini, "pungkasnya. (MYN).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga