Senin 12 Maret 2018

Tanaman Refugia Dipercaya Mampu Brantas Hama

Oleh Redaksi, PUBLIS

Kelompok tani usaha makmur Desa Tempurejo menanam tanaman refugia di pinggir jalan dekat sawah /Doc Robith

PUBLIS.ID, Jember - Beberapa ahli bersepakat, tanaman refugia mampu mengatasi hama secara alami sebab mampu memberi perlindungan dari serangan seperti predator atau parasitoid.

Wajar bila tanaman refugia dimanfaatkan oleh segelintir petani untuk mengatasi hama, salah satunya petani Sutikno bersama kelompok tani usaha makmur Desa Tempurejo menanam tanaman refugia dibantu babinsa.

Sutikno berkata, Minggu (11/3/2018), penanaman tanaman refugia berdasarkan arahan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), "Setelah kami tau manfaatnya, kami langsung bersepakat hari ini menanam refugia," ujar Sutikno.

Sutikno berharap, dengan adanya tanaman refugia ini, tanaman padi miliknya dan seluruh petani Desa Tempurejo mendapatkan hasil yang maksimal, dijauhkan dari hama penyakit dan bisa panen melimpah.

Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Winarto menyampaikan, agar petani tidak selalu menggunakan bahan kimia untuk mengusir hama, cukup dengan tanaman refugia kemungkinan lebih efektif mampu mengendalikan hama tanaman serta biayayanya relatif lebih murah. (RF).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga