Selasa 10 April 2018

Sejak Adanya Tim Rujukan Sosial, Pengguna SPM Meningkat 200%

Oleh Redaksi, PUBLIS

Ruang Tim Rujukan Sosial saat melayani pengguna SPM / Doc Mynto

PUBLIS.ID, Jember - Sejak adanya pelayanan Tim Rujukan Sosial (TRS) Pemkab Jember, jumlah pengguna Surat Pernyataan Miskin (SPM) yang berobat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Balung, Kecamatan Balung, kabupaten setempat, mengalami kenaikan 200%.

"Pengunjung yang memanfaatkan pelayanan pada TRS yang berada di Rumah Sakit Balung ini terus mengalami peningkatan, "kata Plt. Dirut Rsd. Balung, drg. Nur Cahyohadi, Selasa (10/4/2018) siang.

Menurutnya, langkah Bupati Jember, dr. Faida ini sangat tepat dengan memfasilitasi masyarakat dengan pelayanan untuk mempermudah bagi pasien yang akan berobat di rumah sakit yang dirinya tangani. Terutama bagi pengguna Surat Pernyataan Miskin (SPM) yang belum tercover dalam BPJS, KIS, dan PBI, sehingga tidak lamban dalam penanganannya.

Dari data sejak dibukanya pelayanan TRS yang Ia miliki, pada bulan April 2017 - Maret 2018 ini terus mengalami peningkatan hingga 200%. Ia menambahkan, jika diambil rata - rata per bulan sejak dibukannya pelayanan TRS tersebut pada April - Desember 2017 kurang lebih 150 pengunjung. Sedangkan pada Januari - Maret 2018 tercatat kurang lebih 300 pengunjung per bulannya.

"Ini terobosan Bupati Jember yang luar biasa. Di mana masyarakat tidak diribetkan lagi dengan kepengurusan kepemilikan dokumen kependudukan. Jika pasien pengguna SPM dipelayanan tersebut juga sudah ada petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Sosial (Dinsos) Jember, "terangnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Bupati Jember, dr. HJ. Faida, MMR, pelayanan TRS yang berada di tiga Rumah Sakit Daerah di Kabupaten Jember merupakan pelayanan untuk mempermudah kelengkapan persyaratan dalam kepengurusan SPM yang anggarannya dari APBD Pemkab setempat dan diperuntukan bagi kaum dhuafa (warga Jember) yang belum tercover BPJS, KIS, dan PBI. Ada tiga dinas yang tergabung didalam pelayanan tersebut. Yaitu dari Dispendukcapil, Dinkes, dan Dinsos Jember. Namun tidak hanya dari pengguna SPM saja yang bisa memanfaatkan pelayanan TRS tersebut, masyarakat umum pun bisa memanfaatkannya ketika sedang berobat atau sedang menjalani perawatan di ketiga rumah sakit daerah itu.

"Seperti pembuatan akta kelahiran anaknya pasien yang baru melahirkan di rumah sakit itu. Tanpa ada pungutan biaya sepeserpun atau gratis, "pungkasnya

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga