Minggu 06 Mei 2018

Ponpes Miftahul Ulum Kaliwates Luncurkan Program Tahfidz

Oleh Redaksi, PUBLIS

Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Gus Syaiful Rizal saat memberi sambutan di hadapan alumni / Doc Robith Fahmi

PUBLIS.ID, JEMBER - Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Kelurahan Kaliwates, Jember, meluncurkan program tahfidzul qur'an untuk santri-santrinya. Namun, program tersebut sifatnya tidak diwajibkan melainkan diperuntukkan bagi santri yang berminat.

Demikian disampaikan oleh pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Gus Syaiful Rizal saat memberi sambutan di depan alumni, saat acara Khoul KH. Sofyan Sauri ke 27 sekaligus Haflatul Ikhtibar ke 32 di halaman pondok, Minggu (6/6/2018).

Menurut Gus Syaiful Rizal, tidak mudah menjadi guru tahfidz, harus jelas sanad keilmuannya, "Jadi, harus dilihat dulu siapa gurunya, itu penting untuk mempelajari ilmu al-qur'an," katanya.

Untuk guru yang mengajar tahfidz nantinya, kata Gus Syaiful Rizal, akan didampingi oleh Gus Sukron, ia alumni Sudan mulai S1 sampai S2 nya di jurusan tafsil al-qur'an. Sekarang, juga mengajar di IAIN Jember.

"Kebetulan beliau adik ipar saya dan sanad keilmuanna untuk tahfidz al-qur'an dari kiyai Sahal Mahfudz, beliau juga memiliki qiro'ah sab'ah dari mbah Arwani Kudus," terangnya.

Saat ini, sambung Gus Syaiful Rizal, Miftahul Ulum juga ada lembaga formalnya, SD dan SMP. Kendati terbilang baru, SMP Miftahul Ulum tidak kalah dengan lembaga pendidikan swasta lainnya.

"Dulu, tahun 2017 siswa SMP ada yang mendapat juara 2 lomba cerdas cermat. Kemaren, Ujian akhir sekolah SMP Miftahul Ulum berada di urutan ke 12 dari ratusan sekolah se-Kabupaten Jember untuk Matematika," ujar Gus Syaiful Rizal.

Jadi, kata Gus Syaiful Rizal tidak perlu ragu untuk menyekolahkan putra putrinya di SMP Miftahul Ulum, "Di pondok, secara tidak langsung juga sudah menerapkan pendidikan karakter, sudah sejak dulu, keluar pondok anak bisa mandiri betul," ungkap Gus Syaiful Rizal. (RF).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga