Senin 05 Februari 2018

Plus Minus Kepemimpinan Faida Berdasarkan Survei PRC

Oleh Fahmi Robith, PUBLIS

Politika Research Center.

PUBLIS.ID, Jember - Berdasarkan hasil survei Politika Research Center (PRC) mengenai persepsi masyarakat Jember atas dua tahun kinerja Faida-Muqiet yang menggunakan metode Multi Stage Random Sampling dan Margin Error (MoE) sebesar 4,5% mulai 20 Januari sampai 26 Januari 2018, didapati beberapa temuan plus minus kepemimpinan Faida-Muqiet selama dua tahun memimpin Kabupaten Jember.


Rilis yang diterima Publis.id saat rilis temuan survei PRC, Senin (5/2/2018) di Hotel Aston, Jember. Sisi plus kepemimpinan Faida menyebutkan, kondisi ekonomi Kabupaten Jember 35,5% dari total sampel menjawab baik dan 28,5% menjawab tidak ada perubahan. Sementara kondisi ekonomi dimasa yang akan datang, 33,2% sampel menyatakan baik dan 26,6 persen menyatakan akan semakin baik.

Dibandingkan dengan kondisi perekonomian dua tahun sebelum kepemimpinan Faida dengan saat ini, 29,3% menyatakan tidak ada perubahan, 31,5% menyatakan baik dan 17,6% menyatakan semakin baik. Masalah utama di Kabupaten Jember, 45,2% menyebut karena faktor mahalnya kebutuhan pokok, 32,7% menyebut sulit mencari pekerjaan.

Sisi plus lainnya, modal sosial Faida-Muqiet, tingkat kepercayaan masyarakat dalam meningkatkan investasi di Jember 64,7% dari total sampek menyatakan yakin dan hanya 13,2% yang menyatakan tidak yakin. Bahkan, kepercayaan masyarakat terhadap Faida mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sangat tinggi, mencapai 75,0% begitupula dengan meningkatnya kualitas pendidikan dan kesehatan yang naik menjadi 78,0% dari total sampel.

Dari sisi evaluasi kinerja Faida-Muqiet, sebanyak 56,5% menyatakan yakin dengan hasil kinerjanya dan hanya 7,6% yang menyatakan tidak yakin. Selain itu, kepuasan masyarakat selama kepemimpinan dua tahun Faida sebanyak 50,55% menyatakan puas dan 36,65% kurang puas.

Sisi negativ kepemimpinan Faida-Muqiet, dari 500 total sampel 71,8% tidak mengetahui 22 janji Faida-Muqiet, 76,8% menyatakan tidak mengetahui bila Faida telah menyampaikan 16 program yang sudah terealisasi, 85,1% menyatakan tidak mengetahui info tentang kinerja pemerintah daerah, 67,9% tidak faham dengan adanya program pendidikan gratis dan 71,4% tidak mengetahui bila ada program kesehatan gratis.

Sisi negative lainnya, kepuasan terhadap kinerja Faida-Muqiet berdasarkan pekerjaan, yang menyatakan kurang puas tertinggi justru datang dari golongan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mencapai 63,0% dan ditinjau dari segi pendidikan yang menyatakan puas terhadap kinerja Faida-Muqiet berasal dari sampel yang tidak tamat SD mencapai 64,3%, tidak sekolah 64,4% sementara dari kalangan sarjana 33,3% menyatakan puas dan kurang puas juga sama 33,3%.

Fahmi Robith

Write is my life

Baca Juga