Sabtu 27 Januari 2018

Pilgub Jawa Timur 2018, Komandan Kodim 0824 Jember Jamin Netralitas TNI

Oleh Fahmi Robith, PUBLIS

Letkol. Inf. Arif Munawar, Komandan Kodim 0824 Jember. (FOTO: Fahmi/ PUBLIS.ID)

PUBLIS.ID, Jember - Pemilihan Kepala Daerah serentak serta Pemilihan Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 yang akan digelar Juni mendatang, dalam aturan perundang-undangan menyebutkan, TNI, Kepolisian, PNS serta ASN harus bersikap netral.

Maka dari itu, Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol. Inf. Arif Munawar pada PUBLIS.ID, Sabtu (27/01/2018) menegaskan TNI khususnya wilayah tugas Kabupaten Jember harus bersikap netral. Namun, TNI akan selalu siap menjaga keamanan selama pesta demokrasi berlangsung.

"Ini menjadi hal yang mutlak dan wajib dipatuhi serta dilaksanakan. TNI secara struktural dari unsur teratas hingga paling bawah harus bersikap netral. Bahkan, Marsekal Hadi Tjahjanto setiap dalam kesempatan selalu menegaskan bahwa TNI harus bersikap netral," ujar Munawar.

Contoh saja, sambung Munawar, Pangkostrad Letjen. TNI Edy Rahmayad yang mengundurkan diri setelah menyatakan untuk turut serta mengikuti kontestasi Pilkada Sumatera Utara sebagai Calon Gubernur. "Hal tersebut langkah kesatria untuk menjaga netralitas TNI," kata Munawar.

"Demikian halnya di Kabupaten Jember saya menjamin bahwa TNI diKabupaten Jember tentunya sangat memahami Netralitas TNI tersebut dan apabila ada yang mau coba-coba tidak netral pasti akan langsung kita ambil tindakan tegas, demikian halnya disatuan-satuan lain di Kabupaten Jember atasannya pasti akan menindak tegas sesuai aturan yang berlaku," Tegas Munawar.

Masalah pengamanan, sambung Munawar, Kodim 0824 Jember selalu siap memberikan bantuan pengamanan dengan bersinergi dengan Polres Jember sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dirinya juga mengajak segenap elemen masyarakat untuk turut serta mensukseskan Pilgub Jawa Timur dengan selalu menjaga kesatuan agar terwujudkan pesta demokrasi yang bersih, berkualitas dan aman.

Fahmi Robith

Write is my life

Baca Juga