Senin 11 Juni 2018

Periksa Sarana Transportasi, Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tipe A dan Polres Berbeda Pendapat

Oleh Redaksi, PUBLIS

Wakapolres saat diwawancara sejumlah media usai melakukan pemeriksaan sarana transportasi / Doc Minto

PUBLIS.ID, JEMBER - Ada perbedaan pendapat dari hasil pemeriksaan sarana transportasi yang dilakukan oleh Polres Jember dan Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tawang Alun Tipe A, Jember.

Usai melakukan pemeriksaan ke sejumlah bus, Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tawang Alun, Samson W.P pada sejumlah media mengatakan, Senin (11/6/2018) ditemukan pelanggaran setiap harinya.

"Kalau temuan setiap hari ada, jadi ada kekurangan ya, masalah martil, pemadam kebakaran kemudian sabuk pengaman, setting belnya nggak betul," ujar Samson di Terminal Tawang Alun, Jember.

Namun anehnya, Wakapolres Jember, Bagus Ikhwan C. menyebut negative dari hasil pemeriksaannya, baik pada sarana transportasi atau pun pada sopir bus.

"Kita telah melakukan pengecekan baik ban, alat pemecah kaca, kemudian kita juga mengecek kesehatan maupun urine dari para sopir bus yang nantinya akan membawa pemudik lebaran tahun 2018 ini," kata Bagus Ikhwan C.

Untuk temuan, sambung Bagus Ikhwan, Negativ dan apabila ada yang ditemukan positive narkoba, jelas ancaman hukumannya sebagai pengguna atau sebagai pengedar.

Masih Bagus Ikhwan C. dirinya mengaku juga telah melakukan pengecekan terhadap kelengkapan surat-surat kendaraan berikut juga dengan sopir pengganti nantinya.

Kembali pada Kepala Satuan Pelayanan Terminal, menurut Samson W.P kelengkapan menjadi faktor utama keselamatan penumpang. Jadi, bila ada kekurangan dirinya langsung mengeluarkan.

"Masalah ban, sabuk pengaman, hal-hal semacam itu kita keluarkan sebab ini menjadi faktor utama keselamatan, banyak yang tidak sesuai, setiap hari kita check bila tidak sesuai kita keluarkan gitu aja mas," kata Samson W.P.

Kompenen utama yang diperiksa, lanjut pemilik nama lengkap Samson Wahyu Priyono tersebut menjelaskan, adalah Hanrem, Ban, Lampu dan komponen utama yang menunjang keselamatan penumpang.(*).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga