Rabu 08 Agustus 2018

Pengendara Motor di Ternate Masih Malas Pakai Helm di Jalanan

Oleh Redaksi, PUBLIS

Kasat Lantas Polres Ternate AKP Andreas / Doc Mufrid

PUBLIS.ID, TERNATE - Sejumlah Warga Kota Ternate Provinsi Maluku Utara boleh dikatakan masih malas mengenakan  helm dalam berlalu lintas. Buktinya, data yang tercatat di Satuan Lalu Lintas Polres Ternate. Pelanggaran lalu lintas didominasi oleh kendaraan roda dua. Bayangkan, dua hari operasi rutin saja. Pihak Satlantas berhasil menilang 144 kendaran roda dua. 

Menurut Satlantas AKP Andreas sejumlah kendaraan yang berhasil ditilang bukan soal kelengkapan berupa STNK maupun BPKB. Melainkan pengendara tak mengenakan helm ketika berlalu lintas. 

"Bagi kami memang sejumlah pengendara khusunya roda dua. Masih malas pakai Helm," ujar Kasat Lantas AKP Andreas. Selasa (08/08). 

Kata Andreas, pihaknya menyebar di titik-titik tertentu setiap hari merupakan operasi rutin. Tujuannya, untuk menertibkan lalu lintas dan nyatanya banyak masyarakat belum tertib berlalu lintas.

"Tak pakai  helm adalah jenis pelanggaran kasat mata. Sanksinya denda," tegas Andreas.  Kemarin, dia meminta supaya  masyarakat harus taat aturan berlaku lintas. Untuk roda dua misalnya, harus mengenakan helm. Tujuannya untuk melindungi keselamatan pengendara. 

"Jika semua pengendara sudah rajin pakai helm dalam berkendara, maka sama halnya kita telah menekan angka kematian di jalanan," Jelasnya.

Operasi rutin sendiri dilakukan setiap hari. Karena  hal ini merupakan instruksi langsung dari Kapolri. Andreas berharap masyarakat harus berperan aktif mengawal operasi dimaksud. 

"Bila warga merasa tidak puas dengan pelayanan kami langsung dilaporkan saja ke saya,"Harapnya. (Mufrid)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga