Jumat 13 April 2018

Penerimaan Anggota Polri Semakin Bersih dengan Penandatanganan MoU

Oleh Redaksi, PUBLIS

PUBLIS.ID, JEMBER - Kepolisian Resort Jember Polda Jatim menggelar seleksi penerimaan anggota Polri tahun 2018. Hal itu ditandai dengan penandatanganan MoU dan pembacaan  Nota Kesepemahaman dengan semua pihak Panitia orang Tua serta para peserta seleksi maupun dengan pemerintah daerah bersama Polres Jember dihadapan peserta.

Dalam sambutanya Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH., SIK., MH., di hadapan undangan dan para calon anak didik serta perwakilan orang tua maupun panitia seleksi menyampaikan. "Saat ini proses pembenahan di tubuh Polri terus berjalan, termasuk juga dalam hal rekrutmen, sebagaimana arah kebijakan bapak Kapolsek, saya tekankan kembali bahwa tidak boleh ada peserta yang mengunakan Sponsorship ataupun rekomendasi dari pihak manapun juga." jelas Kapolres Jember, Jum'at (13/4/2018) siang

Lanjut Kusworo Wibowo menjelaskan, selain itu, dirinya menekankan pula kepada seluruh peserta untuk tidak menggunakan uang dalam tiap tahapan proses seleksi yang akan berjalan nanti, apabila ditemukan akan dilakukan tindakan tegas.

"Mari semua peserta berkompetisi secara sehat, jangan ada main curang dalam proses seleksi dengan mengedepankan prinsip bersih transparan akuntabel dan humanis (Betah), sehingga hasil seleksi nantinya benar-benar sesuai dengan kopetensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta," ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Kusworo, penandatanganan pakta Integritas serta pengucapan sumpah yang telah dilakukan, sangat tepat agar seluruh pihak yang terkait baik panitia daerah, pengawas eksternal, peserta seleksi maupun para orang tua, memiliki komitmen moral untuk bersama-sama melaksanakan proses rekrutmen disertai semangat Clean and clear, dengan mematuhi seluruh tahapan seleksi sesuai ketentuan yang berlaku.

"Namun demikian proses rekrutmen tidak akan berjalan lancar tanpa adanya kerjasama semua pihak dengan dijiwai kesadaran dan rasa Integritas yang tinggi. Apabila semua itu dapat kita laksanakan dengan baik, maka kita semua yakin akan muncul generasi penerus Polri yang patuh dan promoter sebagaimana harapan masyarakat." pungkas Kusworo

Kabagsunda yang juga Sekretaris Penerimaan Polri untuk Polres Jember Kompol Gatot Murtiyasa mengatakan, untuk mengikuti seleksi kepolisian tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Bahkan jika ada pungutan liar terjadi, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk melaporkan hal itu ke Polda setempat.

"Mulai peserta melakukan registrasi dan mengisi blangko pendaftaran hingga dilakukannya seleksi itu benar-benar bersih," ungkapnya kepada Publis.id, Jum'at (13/4/2018) siang.

Seperti di ketahui bahwa telah diumumkan hasil seleksi yang lolos verifikasi anggota Polri 2018 dengan rincian; Taruna Akpol sebanyak 48 orang terdiri dari 44 pria dan 4 wanita, Bintara PTU 244 terdiri 195 pria dan 49 wanita, Bintara TI 4 orang pria saja, Bintara Pelayaran / Perkapalan 2 orang pria, Tamtama Polri 2 orang pria saja. Jadi total keseluruhan 327 orang. (Myn)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga