Selasa 23 Januari 2018

Panwaslu Kecamatan Balung Dirikan Posko Pengaduan di Setiap Desa

Oleh Fahmi Robith, PUBLIS

(FOTO: Fahmi/ PUBLIS.ID)

PUBLIS.ID, Jember - Pengawas Pemilu Kecamatan Balung, Kabupaten Jember dirikan posko pengaduan di setiap desa se-Kecamatan Balung agar mempermudah masyarakat menyampaikan aduan terkait tahapan pemilu.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisioner Paswaslu Kecamatan Balung, Divisi SDM Faris pada PUBLIS.ID Selasa (23/01/2018) saat melakukan pencocokan dan penelitian data (coklit) mendampingi Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di Desa Curahlele.

Faris berkata, posko aduan tersebut  sebenarnya instruksi Bawaslu Kabupaten. Tapi, cukup di sekretariat saja.  Panwaslu Kecamatan Balung sengaja membuat posko di setiap desa agar masyarakat lebih mudah menyampaikan aduan.

"Jadi, dengan adanya posko ini, diharapkan pesta demokrasi yakni pilgub Jawa Timur berjalan dengan aman dan lancar serta dengan suasana yang kondusif," tuturnya.

Dilain waktu, PPL Desa Curahlele, Ahmad Munir mengatakan, berdirinya posko pengaduan tersebut atas inisiasi bersama ketika beberapa saat yang lalu rapat bersama, antara komisioner panwascam dan PPL serta staf.

"Ya, kami bersedia, rumah kami dijadikan posko pengaduan karena sudah kesepakatan bersama. Dengan begini, penanganannya juga lebih efektiv," kata Munir.

Sementara Komisioner Divisi Penindakan, Mohammad Ervan menyebut adanya posko penindakan ini, agar kejadian-kejadian yang berpotensi membuat suasana tidak kondusif ditindak dengan cepat.

"Bila problem-problem kecil di lapangan tidak segera ditindak, kami khawatir problem tersebut semakin membesar dan menjadi masalah nasional. Nah, bila segera ditindak melalui posko aduan di setiap desa ini, insyaallah permasalahan akan selesai cukup di tingkat desa," ungkap Ervan menggebu-gebu.

Komisioner Divisi Pengawasan, Fahmi yang juga turut angkat bicara hanya berharap Pilkada serentak 2018 ini, berjalan dengan aman dan tentram.


Fahmi Robith

Write is my life

Baca Juga