Sabtu 28 April 2018

Menariknya Lomba Sampan Slodang di Inhil

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat pembukaan lomba sampan slodang / Doc Rhama melo

PUBLIS.ID, INHIL - Dalam rangka memeriahkan peringatan Milad Kecamatan Gaung Ke - 22, Pemerintah Kecamatan Gaung dan masyarakat menyelenggarakan Lomba Sampan Selodang yang selama ini merupakan budaya masyarakat Inhil.

 

Bahkan,  Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin Lomba Sampan Selodang merupakan salah satu warisan budaya yang kaya dengan nilai-nilai filosofis.

 

"Terdapat sportifitas, kegigihan, kejujuran dan persaudaraan, nilai-nilai ini yang harus terus kita jaga dan kita pertahankan dalam perlombaan sampan selodang," ujar Sekda, Kamis (26/4/2018).

 

Menurutnya kearifan lokal seperti lomba sampan selodang ini, jika bisa dikemas secara baik dan menarik, bukan tidak mungkin suatu saat akan menjadi even wisata tradisional yang dikenal di tingkat nasional.

 

"Pelestarian budaya dan kearifan lokal sudah sepatutnya dilakukan di tengah gempuran dan gerusan modernisasi. Langlah konkret pelestarian tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan lomba sampan selodang ini," kata Sekda.

 

Sementara itu, Camat Gaung, H. Nurmansyah AR SSos mengatakan, partisipasi lomba sampan selodang tahun ini sangat luar biasa. Perhatian dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Inhil juga dinilai cukup mengagumkan.

 

“Berkat bantuan dari Pemkab Inhil melalui Disparporabud kami dapat membeli seekor sapi untuk hadiah juara 1, 2 ekor kambing untuk juara 2, dan 1 ekor kambing untuk juara 3,” ungkapnya.

 

Nurmansyah berharap agar Pemerintah Kabupaten dapat memberi perhatian lebih untuk menjadikan Lomba Sampan Selodang ini menjadi salah satu wisata budaya Kabupaten Inhil. "Tujuannya selain untuk menyemarakkan, perlombaan sampan selodang diselenggarakan untuk melestarikan budaya lokal," jelas Nurmansyah.

 

Ketua Panitia Pelaksana, Suprihanto SS,. SPd,. menyampaikan peserta yang mengikuti lomba tahun ini mengalami peningkatan, dari 16 Desa dan Kelurahan di Kecamatan Gaung, terdapat 15 Desa dan Kelurahan yang berpartisipasi. “Kalau bisa acara ini jangan dilaksanakan di Gaung saja. Tapi bisa dilaksanakan di tingkat kabupaten agar dapat diikuti seluruh kecamatan di Inhil,” harapnya.

  

Lomba dimenangkan oleh Kelurahan Kuala Lahang, diikuti Desa Sungai Baru, Desa Jerambang, dan Desa Teluk Merbau harus puas pada posisi ke 4. Lurah kuala Lahang, Sabar Muzazin merasa bersyukur dan bangga atas keberhasilan Kelurahan Kuala Lahang menjadi juara lomba tersebut. “Terimakasih atas kekompakan dan kerja keras tim pemain sehingga kita mencapai juara 1 tingkat Kecamatan Gaung,” tuturnya. (Rhama Melo)

 

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga