Jumat 26 Januari 2018

Masyarakat Gotong Royong Buka Akses Jalan Setelah Dilanda Longsor

Oleh Fahmi Robith, PUBLIS

Gotong royong masyarakat kecamatan Arjasa. (FOTO: Fahmi/ PUBLIS.ID)

PUBLIS.ID, Jember - Beberapa hari lalu, Kecamatan Arjasa diguyur hujan lebat tanpa henti. Akibatnya, jalan di Dusun Gumitir, Desa Arjasa tertimbun longsoran tebing, akses jalan antar desa tertutup total, aktivitas warga juga terganggu.

Pantauan PUBLIS.ID di lokasi, kurang lebihnya sekitar 25 meter yang tertimbun longsoran tebing. Bahkan, bambu yang tumbuh di pinggiran jalan juga turut menutup akses jalan.

Sekitar 70 warga tumplek membawa peralatan masing-masing, menyingkirkan longsoran tanah dan menebangi bambu beserta akar-akarnya yang menyembul ke jalan.

Salah satu warga, Syamsul (42 thn) pada PUBLIS.ID mengatakan, Jum'at (26/01/2018) bila masyarakat tidak gotong royong, maka akan lama proses pembersihan longsor tebing.

"Beruntung warga datang semua gotong royong. Jadi, tidak membutuhkan waktu lama sudah selesai, apalagi juga dibantu Danramil dan beberapa anggota dari kepolisian," ujar Syamsul.

Di lokasi, sekitar sepuluh anggota dari Danramil 0824/02 Kecamatan Arjasa yang turut membantu. Sementara dari kepolisian, hanya lima anggota yang diterjunkan ke lokasi.

Fahmi Robith

Write is my life

Baca Juga