Jumat 04 Mei 2018

Manfaat Pohon Gaharu Selain untuk Penghijauan

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat siswa SMK Plus Nurul Ulum menanam pohon gaharu di lingkunhan sekolah dipandu oleh Siti Melysa / Doc Robith Fahmi

PUBLIS.ID, JEMBER - Tidak banyak diketahui, ternyata pohon gaharu memiliki banyak manfaat selain untuk penghijauan lingkungan. Seluruh pohonnya tidak ada yang terbuang, mulai dari ranting, daun sampai dengan batangnya memiliki manfaat tersendiri.

Kata Siti Melysa, Jum'at (4/5/2018) pagi, ketika memberikan pelatihan di SMK Plus Nurul Ulum, Kecamatan Panti. Pohon gaharu bisa dijadikan bahan untuk pembuatan sabun, teh dan bahkan rantingnya bisa dibuat minyak wangi.

Cara penanamannya pun sederhana, cukup membuat lubang tanam 40x40x40 cm kemudian diisi kapur dolomit sedikit, tambah pupuk kandang 3/4 lubang dan tanam. Tutup dengan sisa tanah galian hingga membentuk gundukan, setelah itu berikan naungan memakai sak beras, paranet atau dedaunan, siram secukupnya.

"Memanfaatkan lahan yang ada untuk tanam gaharu sebagai penghijauan, sebab pohon gaharu juga bisa memperbaiki struktur tanah, selain itu sebagaimana pohon pada umumnya, juga untuk mencegah longsor dan banjir, untuk sedekah oksigen dan terpenting bisa dijadikan investasi," ujar Siti Melysa yang  sudah sejak tahun 2015 tersebut menekuni gaharu.

Pemasaran pohon gaharu, sambung Siti Melysa, bisa dikirim ke Malaysia, Cina, Arab, Turki dan negara-negara timur tengah lainnya. Namun, selama ini, untuk pembeli pohon gaharu yang datang langsung, 70% dari lokal Indonesia. "Gaharu ini pohon langka, manfaatnya banyak. Selain yang disebutkan tadi, juga biasa digunakan untuk ritual keagamaan," tutur perempuan asli Jember tersebut.

Harga batang gaharu pun terbilang fantastis, sebab bisa mencapai angka ratusan juta rupiah. Selama ini, lanjut Siti Melysa, banyak pengrajin yang memanfaatkan pohon gaharu untuk dijadikan gelang, tasbih, gubal gaharu, sampai dengan ukiran rumah, "Dan yang belum diketahui banyak orang, biji gaharu juga bisa dijadikan kopi," kata Siti di depan siswa SMK Plus Nurul Ulum.

Menurut Kepala Sekolah SMK Plus Nurul Ulum, Mahrus Sadikin mengatakan, "Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk aksi nyata untukk ikut serta mendukung dan menterjemahkan program pemerintah yg berupa "Go Green"  sehingga siswa maupun masyarakat pemiliki rasa canta dan peduli terahadap alam dan lingkungan," ujar Mahrus di ruangannya.

Kegiatan ini, sambung Mahrus, siswa maupun guru di edukasi bagaimana cara menanam dan budidaya gaharu yang baik dan benar sehingga bisa bermanfat untuk pribadi dan semua orang. Sebab sebagaimana penjelasan pemateri, Siti Melysa mulai dari daunya, batangnya, serta akarnya gaharu bisa bermanfaat semua bahkan bernilai ekonomis dan dapat dijadikan investasi jangka panjang.

Ketua Osis SMK Plus Nurul Ulum, Umar Haqiqi pada Publis.id, mengaku senang bisa belajar menanam pohon gaharu, kata dia, siswa siswi sangat antusias mengikuti kegiatan aksi Go Green ini. "Bahkan, kebutuhan alat dan bahan yang dipakai hari ini, sudah kami persiapkan sejak kemaren," ungkap Umar. (RF).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga