Rabu 27 Juni 2018

Maksimalkan Pengawasan Panwaslu Kecamatan Gumukmas Gunakan Live Report

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat melakukan pengawasan live report di sekretariat Panwaslu Kecamatan Gumukmas / Doc Robith Fahmi/Publis.id

PUBLIS.ID, JEMBER - Dalam rangka memaksimalkan pengawasan, Panwaslu Kecamatan Gumukmas menggunakan live report disesuaikan dengan Sistem Laporan Online (Sislo) mengacu pada Alat Kerja Pengawasan (AKP) Pengawas TPS (PTPS).

Demikian disampaikan Panwaslu Kecamatan Gumukmas, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Ahmad Rudi Masrukhin M.Pd pada Publis.id, Rabu (27/6/2018 di Sekretariatnya.

"Pengawasan progress pemilukada ini melalui sistem live report berupa dokumentasi dan video pendek yang dikirim dari tiap-tiap TPS oleh pengawas TPS di seluruh kecamatan Gumukmas," ujar Rudi.

Tujuannya, kata Rudi, untuk mengontrol progress pemilihan di tiap TPS, mempercepat laporan jika terjadi masalah atau temuan, dan bisa memantau kinerja PTPS di lapangan secara cepat dan sistematis.

Jadi, lanjut Rudi, sistem pelaporan ini meliputi waktu kehadiran PTPS, proses pembukaan dan penyumpahan KPPS, pembukaan kotak suara, DPT dan visi misi calon yg ada di TPS, kegiatan pencoblosan (juga permasalahan), proses penghitungan suara, foto C1 plano, foto C1 berhologram, foto C1 salinan saksi, foto C7 kehadiran pemilih dan video pendek.

"Semoga pelaksanaan pemilukada ini berjalan dengan lancar tidak ada halangan atau pun sesuatu hal yang tidak diinginkan dan semoga partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di TPS meningkat sebab walau bagaimana pun kesuksesan pesta demokrasi tidak terlepas dari tingginya kehadiran masyarakat ke TPS,"ungkap Rudi. (RF).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga