Selasa 08 Mei 2018

Laksanakan Perintah UU No 7 Tahun 2017, Panwaslu Kecamatan Balung Tertibkan APK

Oleh Redaksi, PUBLIS

Paswaslu Kecamatan Balung sedang menurunkan APK / Doc Robith Fahmi

PUBLIS.ID, JEMBER - Hari ini, Panwaslu tingkat kecamatan se-Kabupaten Jember serentak melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), termasuk Panwaslu Kecamatan Balung dan Gumukmas, Senin (7/5/2018) sore - selesai.

"Hari ini kita serentak melakukan penertiban APK pemilihan legislatif DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten atau kota serta pasangan calon presiden dan wakil presiden," kata Ketua Panwaslu Kecamatan Balung, Farista Ahmad disela - sela kesibukannya saat melakukan penertiban, Senin (7/5/2018) malam.

Menurut Faris, kegiatan penertiban secara serentak ini ia lakukan berdasarkan surat instruksi dari Bawaslu Kabupaten Jember nomor 703/ K JI.07/ V / 2018. Intinya isi dalam surat instruksi dari Bawaslu Kabupaten Jember tersebut ialah untuk membersihkan atau menertibkan APK - APK yang tidak sesuai dengan ketentuan tahapan - tahapan kampanye Pileg maupun pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019.

Kata Faris, dari situ sudah dijelaskan, untuk melaksanakan ketentuan undang - undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum yang menyatakan bahwa, kampanye dilaksanakan sejak tiga hari setelah ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT) DPR, DPD, DPRD provinsi serta pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Dalam undang - undang tersebut, lanjut Faris, sudah diterangkan, bahwa kampanye Pemilu dilakukan melalui pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye Pemilu kepada umum, pemasangan APK ditempat umum, media sosial, iklan media massa cetak, media massa elektronik, rapat umum dan kegiatan lain yang tidak melanggar kegiatan kampanye pemilu serta ketentuan peraturan perundang - undangan sebagaimana diatur dalam pasal 275 undang - undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

"Lalu kemudian kami melaksanakan penertiban pada APK - APK itu bersama Satpol PP Kecamatan Balung serta ada dari pihak kepolisian juga," terangnya.

Dia menambahkan, sebanyak dua tim petugas yang terbagi dalam kegiatan penertiban APK  pada hari ini. Jika belum selesai, maka akan dia lanjutkan kembali pada keesokan harinya yang akan dilakukan secara bertahap hingga tuntas.

Hal senada juga diutarakan oleh Ketua Panwascam Gumukmas, Lukmanul Hakim, pihaknya melakukan kegiatan penertiban APK ini berdasarkan surat instruksi dari Bawaslu Kabupaten Jember. Jika belum tuntas, maka akan ia lakukan berikutnya secara bertahap untuk menyelesainya.

"Hingga saat ini kami masih belum bisa menghitung berapa banyak jumlah APK yang berhasil ditertibkan. Karena hingga saat ini kami masih sibuk melakukan penertiban, "pungkasnya. (MYN).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga