Selasa 03 April 2018

Dinkes Jember Temukan Ikan Kaleng Mengandung Cacing di Sejumlah Toko

Oleh Redaksi, PUBLIS

Dinkes saat sidak di sejumlah toko / Doc Mynto

PUBLIS.ID, Jember - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, melakukan inspeksi ke sejumlah toko yang ada di Kabupaten Jember dan berhasil menemukan menemukan ikan kaleng (sarden) yang mengandung cacing pada sejumlah tempat penjual pangan.

"Hari ini kita melakukan kegiatan Inspeksi Mendadak (Sidak) sarana distribusi pangan penjual ikan kaleng, "kata Kasi Promkes Dinkes Jember, Didik Kuswardi seusai melakukan Sidak di beberapa tempat penjual makanan ikan kaleng, Selasa (3/4/2018) siang.

Menurut Didik, tujuan dari kegiatan sidak ini ialah untuk melaksanakan pengawasan tentang makanan kaleng yang mengandung cacing. Karena akhir akhir ini banyak diberitakan makanan kaleng yang mengandung cacing yang di distribusi oleh beberapa penjual makanan dan minuman.

"Untuk itu, sebagai lembaga, pimpinan, dan juga sebagai orang yang tahu kondisi, guna melindungi masyarakatnya agar tetap sehat. Tentunya harus lebih preventif dan menjaga dampak negatif daripada ikan kaleng yang mengandung cacing tersebut agar tidak beredar luas Kabupaten Jember." Ujarnya.

Cacing yang dimaksud, sambung Didik, ialah cacing anisakis. Dampak dari cacing anisakis ini bisa berbahaya pada penderitanya. Seperti muntah - muntah ketika sedang makan, peradangan saluran pencernaan, dan diare.

"Kendati di Jember tidak ada korban. Namun, kami tetap mengantisipasi dengan melakukan sidak di sejumlah tempat agar tidak terjadi di Kabupaten Jember, "jelasnya.

Sidaknya kali ini, Didik mengakui telah menemukan jenis ikan kaleng yang tidak diperkenankan untuk beredar, disinyalir ada cacing didalam ikan kaleng tersebut. Ia telah melakukan tindakan pengamanan barang tersebut, menyegel, dan pihaknya sampaikan kepada pemilik tidak diperkenankan untuk beredar dengan dibuatkan berita acara agar pemilik atau distributor itu memperhatikan apa yang dirinya temukan untuk tidak dijual biar tidak dikonsumsi oleh masyarakat.

"Jenis ikan kaleng atau sarden yang kami amankan ialah jenis makarel,"ungkapnya.

Pantauan Publis.id di lapangan, selain dari Dinas Kesehatan. Ada pula yang dari Disperindag, Satpol PP, dan Polres Jember turut serta melakukan sidak pada sejumlah toko yang ada di Kabupaten Jember. (Mynto).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga