Jumat 09 Maret 2018

Cerita Waras Menjaga Desa

Oleh Redaksi, PUBLIS

Foto ilustrasi dari google

PUBLIS.ID, Jember - Ketua RT 22, Dusun Krajan Tengah, Desa Curahlele menceritakan pengalamannya menjaga desa lantaran saat ini tidak aman seiring banyaknya maling mengancam harta benda warga.

Saat ini, kata Waras, Kamis (8/3/2018) mengatakan, keamanan desa kurang aman sebab maling kian berani menyatroni rumah warga.

Ia menceritakan tetangganya yang disatroni maling, saat itu, pemilik rumah bernama Faiq belum tidur, tiba-tiba pintu rumahnya digedor oleh orang tak dikenal sambil membawa clurit.

"Merasa takut, Faiq telepon saya, kebetulan saya tiap malam ronda menjaga desa seiring dengan tidak amannya desa. Jadi, saya langsung mendatangi rumah Faiq namun sampai di sana malingnya sudah kabur," ujar Waras.

Situasi saat ini, sambung Waras, sedang tidak aman, makanya dirinya ronda setiap malam. Keliling desa sampai jam dua malam. Bahkan, seiring tidak amannya situasi saat ini, Waras kurang tidur karena harus ronda keliling desa.

"Seminggu yang lalu, maling motor berhasil diciduk dan dimassa di daerah Karangsono, mungkin karena memang sering kehilangan motor daerah sana, malingnya dipukuli bahkan meninggal sesampainya di puskesmas," cerita Waras.

Waras berkata, selain itu juga ada warga yang terkena sabetan clurit, malingnya pura-pura menjadi pencari cicak. "Semula si maling ngendap-ngendap dekat motor tosa yang diparkir samping rumah, pemiliknya Asmad curiga," ujar Waras.

"Akhirnya, Asmad keluar dan menanyakan pada orang tersebut sedang apa di sana, jawabnya mencari cicak. Tapi, ketika Asmad curiga dan masuk hendak mengambil clurit, keluar lagi langsung disaber clurit bagian pundaknya," pungkas Waras.

Sampai saat ini, kata Waras, Asmad masih dirawat di puskesmas sebab pundaknya sobek cukup dalam akibat sabetan clurit. Bila kejadian semacam itu dibiarkan, maling akan semakin berani.

"Cara menanggulanginya ya harus bersama-sama menjaga desa, bahu membahu mengantispasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga desa segera kembali aman tentram agar masyarakat tidak khawatir dan was-was bila keluar dimalam hari," harap Waras pada Publis.id. (RF).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga