Kamis 22 Februari 2018

Berikut Cara Melaporkan Pelanggaran Pemilu

Oleh Fahmi Robith, PUBLIS

PUBLIS.ID, Jember - Masyarakat tentu menginginkan pesta demokrasi berjalan dengan tertib, aman, jujur dan adil. Namun, tidak sedikit pesta demokrasi di segelintir daerah harus ternodai dengan adanya politik uang atau pun penghilangan suara. Lalu, bagaimana cara melaporkan bila menemukan pelanggaran demikian?.

Panwaslu Kabupaten Jember, Andika menjelaskan, Kamis (22/2/2018) bahwa bila menemukan pelanggaran pemilu, paling lambat dilakukan tuju hari setelah pelanggadan tersebut ditemukan. "Laporan bisa secara langsung ke kantor Bawaslu atau ke kantor pangawas pemilu sesuai tingkat kerja dengan mengisi form laporan," ujar Andika, di Hotel Green Hill saat rapat kerja teknik pengawasan pemilu Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Dalam form laporan tersebut, kata Andika, yang perlu diisi adalah nama pelapor, alamat, waktu kejadian pelanggaran, nama-nama saksi serta uraian kejadian pelanggaran. "Selain itu, pastikan menerima tanda bukti laporan, kemudian pelapor harus menyertakan tanda pengenal berupa foto copy E-KTP atau tanda pengenal lainnya," ungkap Andika di hadapan komisioner panwascam se-Kabupaten Jember.

"Selanjutnya, Panwaslu berhak memberi keputusan untuk menindak lanjuti atau tidak setelah tiga hari laporan tersebut diterima. Saat ini, posisi panwaslu itu semakin kuat, bila tingkat kecamatan bisa memberikan rekomendasi maka tingkat kabupaten sudah memiliki kewenangan untuk memutuskan," ungkap Andika.

Fahmi Robith

Write is my life

Baca Juga