Senin 15 Januari 2018

Bansos 3,7 Miliar untuk Korban Kebakaran Pasar Kencong, hanya terserap 829 Juta

Oleh Fahmi Robith, PUBLIS

Bupati Jember, dr. Faida MMR dalam acara di Pendapa Wahyawibagraha. (FOTO: Fahmi Robith/ PUBLIS.ID)

PUBLIS.ID, Jember - Dana Bantuan Sosial (Bansos) senilai 3,7 Miliar dari APBD tahun 2017 hanya mampu terserap 829 Juta untuk korban kebakaran pasar Kencong tahun 2005, hal tersebut disebabkan dari 129 yang diundang Pemkab Jember, hanya 31 orang pedagang yang lolos verifikasi.

Demikian disampaikan Bupati Jember, dr. Faida MMR pada sejumlah media  saat pembagian buku tabungan dari Bank Jatim, dimana uangnya sudah di transfer bulan Desember kamarin, Senin (16/01/2018) pagi di Pendapa Wahyawibagraha.

Faida berkata, daftar undangan sebanyak 129 tersebut, merupakan hasil putusan pengadilan dan dari sekian undangan hanya 114 yang hadir. Selain itu, ada juga empat orang yang hadir tetapi tidak masuk dalam daftar undangan, kemudian satu orang tidak melengkapi berkas, ada pula yang dipindah alihkan sehingga haknya hilang.

Sementara, untuk yang lolos verifikasi jumlahnya 31 orang, dari sekian itu masuk dalam daftar putusan pengadilan serta berkas yang harus dipenuhi sudah lengkap. "Bantuan tersebut, hanya boleh digunakan sesuai putusan pengadilan. Pertama untuk melunasi kios kemudian 25 persen untuk subsidi kios yang lebarnya lebih dari 22 meter," tutur Faida pada sejumlah media.

Setelah urusan kasus ini tuntas, sambung Faida, maka akan diambil alih pemkab. Jadi, pengelolaan pasar kencong baru dimulai tahun 2018 , tahap pertama akan menaruh petugas untuk menata manajemen, persiapan E-Retribusi kemudian akan menyiapkan bersama BTN untuk E-Retribusi sehingga pasar kencong berubah menjadi lebih baik jadi real time untuk administrasi retribusi.

Fahmi Robith

Write is my life

Baca Juga