Rabu 29 November 2017

Banjir dan Longsor di Yogyakarta Memakan Korban

Oleh Abdullah Elly, PUBLIS

Rumah ambles akibat tanah longsor di Kampung Juminahan, Tegal panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta. (FOTO: TRIBUNJOGJA.COM / Ikrar Gilang)

PUBLIS.ID, Yogjakarta - Hujan deras mengakibatkan banjir dan longsor di berbagai titik wilyah Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY). Banjir tiba sejak kemarin sore hingga pagi ini belum juga surut.

BPBD, kepolisian dan relawan masih melakukan mengevakuasi warga Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul yang masih bertahan di atap rumah.

Sejak Selasa (28/11) siang tujuh Warga RT 002, RW 004, Dusun Wuru Klegung, Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul terjebak banjir, beberapa warga memilih bertahan di atap rumah masing-masing, sekitar 7 warga Nglipar sudah berhasil di evakuasi.

Kondisi hujan yang lebat turut menyulitkan relawan dan petugas BPBD dalam mengevakuasi warga yang masih terisolir. Akan tetapi petugas masih berupaya melakukan evakuasi warga kecamatan Nglipar, Gunungkidul.


Iklan2


Dilansir dari detiknews bencana banjir dan longsor mengakibatkan empat orang meninggal dunia dan beberapa orang luka-luka. Dari empat orang meninggal itu, 3 orang di kota Yogyakarta, Mereka adalah korban longsor di dekat Sungai Winongo Kecamatan Gedong Tengen. Dua orang ditemukan dalam ke adaam meninggal dan 1 orang lagi masih dalam pencarian. Satu korban meninggal dunia terjadi di daerah Gunung Kidul.

Untuk banjir di seluruh DIY terdapat 64 titik. Banjir di wilayah Kabupaten Gunungkidul ada 24 titik, Kabupaten sleman 24 titik, kota Yogyakarta 1 titik. 

Kembali melansir detiknews "Ada 106 titik kejadian pohon tumbang di wilayah DIY," kata Manajer Pusdalops BPBD DIY.

Untuk Kota Yogyakarta 2 titik, Kabupaten Bantul 67 titik, Kabupaten Kulon Progo 12 titik, Kabupaten Gunungkidul 8 titik dan Kabupaten Sleman 17 titik. Kerusakan diantaranya menimpa jaringan listrik, menimpa rumah warga, fasilitas umum, menutup akses jalan dan menimpa kendaraan. Satu korban tertimpa pohon di kawadan Hutan Bunder, Playen, Gunungkidul dirawat di rumah sakit.

Selanjutnya untuk longsor ada 73 titik kejadian Longsor di wilayah Kabupaten Bantul 44 titik, Kabupaten Kulon Progo 10 titik, Kabupaten Gunungkidul 6 titik, Kabupaten Sleman 7 titik, Kota Yogyakarta 6 titik.

Longsor mengakibatkan talud ambrol, menutup jalan dan merusak tembok masjid pondok pesantren di Kulonprogo. Ada 3 santri mengalami luka ringan akibat terkena longsoran.


Iklan2


Untuk banjir di seluruh DIY terdapat 64 titik. Banjir di wilayah Kabupaten Gunungkidul ada 24 titik, Kabupaten Kulon Progo 4 titik, Kabupaten Bantul 31 titik, Kabupaten Sleman 4 titik, Kota Yogyakarta 1 titik.

Total warga yang terdampak ada 513 KK wilayah Gunungkidul, 50 jiwa di Panjatan, Kulon Progo. Selanjutnya sebanyak 4.756 jiwa wilayah Bantul. Sebanyak 47 jiwa di Kota Yogyakarta dan 14 jiwa di Kabupaten Sleman. Untuk wilayah Bantul jumlah warga yang mengungsi dari beberapa kecamatan seperti Imogiri dan Kretek diperkirakan terus bertambah.

Abdullah Elly

Lahir di Jakarta, Abdullah Elly adalah anggota aktif Asy-Syabab Muslimin sekitar tahun 2008, sebelum mendirikan Pemuda Islam Sosial (PIS) pada tahun 2013. Sekarang dia bertugas sebagai wakil sekretaris jenderal di Al-Irsyad.

Baca Juga