Kamis 22 Maret 2018

Anila Gusfani Sebut Sila Pertama Pancasila adalah Islam

Oleh Redaksi, PUBLIS

Anila Gusfani, pemateri acara Social Talk #7 /Doc Anila on Instagram

PUBLIS.ID, Jember - Pemateri acara 'Pemuda Zaman Now Gak Liberal' di group WhatsApp Social Talk #7, diwaktu terpisah Anila Gusfani menyebut Pancasila pada sila pertama merujuk pada satu agama yaitu islam.

Hal tersebut Anila ungkapkan usai menjadi materi di Social Talk melalui pesan singkat WhatsApp, "Pancasila di sila pertama itu menunjukkan ke 1 agama yaitu islam," tulis Anila, Kamis (22/3/2018).

"Coba dibaca berulang. Dan dalam banyak kajian pun, sudah sering disebutkan bahwa sila ke 1 dalam pancasila itu yang dimaksud adalah agama Islam. Jadi, sepakat." Kata Anila.

Disinggung paham yang dibawa Abdurrohman Wahid atau Gus Dur mengenai pluralisme, Anila dengan jelas menyebut pluralisme sebagai paham yang sesat.

Alasanya, "Karena Pluralisme adalah paham yang sudah dinyatakan/fatwakan sesat oleh MUI di tahun 2005, maka saya ikut fatwa para Ulama Indonesia." Tandas Anila.

Anila Gusfani berasal dari keluarga Minangkabau, lahir di Solok dan besar di Jakarta. Anila termasuk perempuan yang aktiv di organisasi Indonesia Tanpa JIL.

Sebagai pemateri, di Social Talk #7, Anila memaparkan tentang Sekularisme, Pluralisme dan Liberalisme yang disingkat menjadi Sepilis.

Menurut Anila, Sepilis hampir sama dengan penyakit Sipilis. Jadi, bila Sepilis sudah terlampau akut maka kemudian Sipilis lah yang akan menyerang. (RF).



Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga