Kamis 09 Agustus 2018

Aksi APPD Dinilai Salah Alamat

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat APPD melakukan aksi dan melakukan pemboikotan Kantor Panwas Halmahera / Doc Mufrid

PUBLIS.ID, TOBELO - Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Pemuda Peduli Demokrasi Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara, jelas dinilai salah alamat. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Halut Rafli Kamaludin.

Menurutnya, jika APPD mempersoalkan ketidaktrasparansinya Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu Zona II.  Maka sasarannya adalah Bawaslu Malut bukan Panwas Halut. Sebab, mereka (Bawaslu) yang membentuk sejumlah Timsel. Artinya, sebagaimana dimaksud oleh APPD bukan menjadi kewenangan Panwas.

"Jadi aksi APPD saya pikir jelas salah alamat," Tegas Rafli saat dikonfirmasi Publish Id. Kamis (09/08). 

Hal yang sama juga dikatakan Sekertaris Pemuda Ansor Halut Sofyan Lajame. Harusnya, APPD mengelar aksi itu di Kota Ternate. Sebab, Timsel nya berada di sana. Bukan Kantor Panwas Halut malah yang jadi sasaran.  "Saya pikir APPD harus cerdas lah menyikapi sebuah persoalan," singkatnya. 

Menariknya, salah satu sumber mengaku, semangat pemboikotan yang dibangun massa aksi hanya sekadar kepentingan dokumentasi semata.

"Massa aksi  boikot itu cuman sekitar beberapa menit. Usai memfoto mereka (Pendemo) langsung pulang," ungkapnya. 

Anehnya, kata dia, meskipun begitu, pihak staf Panwas yang berada disitu malah menginjinkan mereka untuk melakukan hal tersebut. "Sebetulnya ada apa dibalik aksi ini?," Herannya.

Sekadar diketahui, dalam aksi tersebut pendemo menuntut agar Bawaslu Provinsi Malut  menyampaikan nilai komulatif ke publik pada seleksi tes Bawaslu khusus Zona II. Karena mereka menilai tidak transparan dan sarat dengan kepentingan.

Para pendemo yang mengtasnamakan APPD sendiri merupakan gabungan dari Komite Nasioanl Pemuda Indoensia (KNPI, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) se-Halut. (Azka).

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga