Jumat 10 Agustus 2018

44 Pasangan Suami Istri Serbu Kecamatan Kalibaru

Oleh Redaksi, PUBLIS

Saat acara isbat di Kecamatan Kalibaru / Doc Wahyu

PUBLIS.ID, BANYUWANGI - 44 Pasangan suami istri hari ini menyerbu kantor Kecamatan Kalibaru. Mereka merasa bahagia lantaran setelah sekian tahun menikah siri akan segerah disahkan dalam sidang isbat Pengadilan Agama Banyuwangi dan kemudian tercatat sebagai pasangan resmi oleh negara.

Warga yang ikut sidang isbat ini, tergolong masyarakat prodeo (tak mampu) dan berasal dari 4 desa se-Kecamatan Kalibaru yang rata-rata diikuti oleh pasutri yang sudah tidak lagi muda.

Tidak sedikit pula mereka yang usia perkawinannya sudah mencapai belasan bahkan puluhan tahun membina rumah tangga. Tapi, perkawinannya belum teecatat secara sah oleh negara.

Pasangan Selamet (42 Tahun) dan Nur (39 Tahun) asal Desa Kalibaru Manis saat hadir di Kecamatan Kalibaru, mereka berdua juga membawa buah hatinya. Sudah menikah belasan tahun namun baru akan menikah secara sah oleh negara.

Ditemani saksi dan wali nikah. Selamet merasa bisa bernafas lega, sebab selain tercatat oleh negara. Putranya pun bisa mengurus dan mendapatkan akta kelahiran.

"Empat belas tahun kami menikah dan sudah punya 1 anak. Alhamdulillah saya senang sekali dengan adanya isbat nikah ini. Sekarang anak saya bisa dapat akta lahir," ujar Selamet pada Publis.id, Jum'at (10/8/2018).

Sekcam Kecamatan Kalibaru saat ditemui Publis.id mengataman, "Nikah masal dan isbad nikah ini disambut antusias oleh warga. Dari 44 pasangan yang kami data hanya 2 pasangan yang tidak bisa hadir," tuturnya

Nikah masal dan isbad nikah ini, sambung Sekcam, juga disaksikan Kapolsek dan Danramil Kalibaru. Sidang isbat ini tak hanya digelar di Kecamatan Kalibaru saja, mendatang secara bergilir sidang isbat seperti ini juga akan digelar di kecamatan lain. (Why)

Redaksi

publis.ID berupaya menjadi yang terdepan dalam menyajikan berita dan informasi dengan menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput berbagai peristiwa daerah, nasional, dan internasional.

Baca Juga